Kompas TV feature coffee story

Enak! Kopi Temanggung Ada Rasa Tembakaunya!

Kompas.tv - 30 Agustus 2021, 13:46 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Kopi Temanggung adalah salah satu single origin yang menjadi kebanggaan masyarakat Temanggung dan tentunya juga menjadi kopi kebanggaan Indonesia.

Kota Temanggung memiliki iklim yang baik dalam kriteria penanaman kopi single origin didukung oleh tingkat curah hujan yang cukup dan iklim yang baik, sehingga Daerah Temanggung dapat menghasilkan kualitas kopi yang baik.

Kabupaten Temanggung dikenal sebagai salah satu produsen tanaman kopi terbesar di Jawa Tengah.

Baca Juga: Kopi Sidikalang, Salah Satu Kopi Terbaik di Nusantara!

Daerah sentra kopi tersebar di beberapa kecamatan, diantaranya Kandangan, Bejen, Candiroto, Wonoboyo, Pringsurat dan Jumo. Karena kualitasnya yang baik, kopi produksi Temanggung tidak hanya menjadi konsumsi lokal dan pabrikan.

Namun telah menembus pasar ekspor. Jenis tanaman perkebunan rakyat yang sangat menonjol adalah tanaman kopi arabika, kopi robusta dan tembakau.

Baca Juga: Kopi Toraja Punya Aroma yang Memikat Para Penikmat Kopi!

Keunikan dari biji kopi temanggung ini memang sangat jauh berbeda dari biji kopi lainnya. 

Biji yang dihasilkan juga memiliki kualitas unggul. Tidak hanya itu saja, kopi ini juga memiliki beberapa jenis yang memang dihasilkan oleh petani Kabupaten Temanggung.

Video ini tayang pada tanggal 6 Februari 2020.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.