Kompas TV regional peristiwa

Terhalang Sampah, Pencarian Pemuda Tenggelam di Kanal Banjir Barat Malam Ini Hanya dari Jalur Darat

Kompas.tv - 29 Agustus 2021, 23:25 WIB
terhalang-sampah-pencarian-pemuda-tenggelam-di-kanal-banjir-barat-malam-ini-hanya-dari-jalur-darat
Tim SAR tengah melakukan pencarian pemuda bernama Solihin (20) yang tenggelam Kanal Banjir Barat, Jakarta Barat, Minggu (29/8/2021). (Sumber: Dok. Kansar Jakarta)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pencarian pemuda bernama Solihin (20) yang tenggelam di Kanal Banjir Barat, Jakarta Barat, terus dilakukan hingga Minggu (29/8/2021) petang.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta Hendra Sudirman mengatakan tim penyelam mengalami kendala dalam pencarian karena jarak pandang terhalang oleh tumpukan sampah dan lumpur di lokasi kejadian.

Oleh sebab itu, penyisiran melalui jalur air dengan menggunakan perahu karet akan dilanjutkan pada Senin (30/8/2021) pagi.

"Sementara malam ini kami akan lakukan pengamatan secara visual melalui jalur darat," kata Hendra selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi pencarian tersebut.

Baca Juga: Banjir Landa Palopo, Tim SAR Gabungan Evakuasi Bayi Usia 3 Bulan dan Lansia

Hendra menambahkan tim SAR gabungan juga telah melakukan upaya pencarian dengan membagi tim menjadi tiga.

Tim pertama bertugas melakukan penyisiran menggunakan perahu karet dengan radius tiga kilometer dari lokasi kejadian.

Kemudian, tim kedua melakukan penyisiran secara visual melalui jalur darat dengan jangkauan area sejauh dua kilometer dari lokasi kejadian.

Terakhir, tim ketiga yang melakukan penyelaman dalam radius 10 meter di sekitar lokasi kejadian.

Baca Juga: 9 Pendaki Dievakuasi Tim SAR Gabungan Usai Peringati HUT ke-76 RI di Gunung Agung

Adapun, tim SAR yang terjun dalam operasi pencarian tersebut merupakan gabungan dari beberapa instansi.

Mulai dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, BPBD DKI Jakarta, Damkar Sektor Tambora, Polsek Tambora, hingga Koramil 02/TB.

Termasuk IEA Jakarta Barat, UPK Badan Air, Tagana, Disaster Tambora, IEA Jakarta Utara, Medical Rescue, Satgasus Brigade 08, CAT Rescue, Bazis (Baznas), Ranita UIN Jakarta, RIT Jakbar, dan keluarga korban.

Sebelumnya pada Minggu (29/8/2021) sekitar pukul 04.00 WIB, Solihin dikabarkan tenggelam setelah tercebur ke Kali Ciliwung saat melarikan diri karena panik melihat tawuran yang terjadi di depan Mal Seasons City.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x