Kompas TV nasional peristiwa

Waspada! BMKG Sebut 21 Wilayah di Indonesia Berisiko Banjir

Kompas.tv - 29 Agustus 2021, 08:00 WIB
waspada-bmkg-sebut-21-wilayah-di-indonesia-berisiko-banjir
Ilustrasi banjir. Empat desa di Kecamatan Siabu, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, Sabtu (14/8/2021) terendam banjir. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Peringatan dini cuaca ekstrem dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk hari ini, Minggu (29/8/2021) terhadap sejumlah daerah di Indonesia.

Tak hanya itu, tingkat kewaspadaan diminta bagi setidaknya 21 wilayah di Tanah Air lantaran berisiko terjadi banjir dengan berbagai intensitas.

Melansir laman BMKG, disebutkan adanya peringatan untuk wilayah Kalimantan Tengah berada dalam kategori siaga banjir bandang mulai hari ini hingga Senin (30/8) besok pukul 07.00 WIB.

Selain itu, menurut BMKG, ada sejumlah wilayah berada dalam kategori waspada banjir, termasuk di antaranya  Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Selatan.

Baca Juga: Ruas Jalan Trans Sulawesi Tergenang Banjir Usai Diguyur Hujan Deras

BMKG juga menyebut wilayah Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua masuk dalam kategori waspada banjir.

Di luar itu, BMKG juga menyampaikan peringatan dini mengenai potensi angin kencang di wilayah Nusa Tenggara Timur.

Selain itu menurut prakiraan cuaca BMKG, hujan lebat disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Sumatera Utara, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat.

Lalu Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Baca Juga: Sungai Meluap Dipenuhi Sampah, Puluhan Rumah Warga di Desa Pasiang Terendam Banjir

Sedangkan wilayah Aceh, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan diprakirakan menghadapi hujan dengan intensitas yang lebih ringan.

 



Sumber : Kompas TV/BMKG/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x