Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden Xi Jinping: Semua Etnis di China Harus Diperlakukan Sama

Kompas.tv - 29 Agustus 2021, 11:16 WIB
Penulis : Aryo bimo

BEIJING, KOMPAS.TV - Presiden China, Xi Jinping, mengatakan semua etnis di China harus mendapat perlakuan yang sama. Menurut Jinping, pesan persatuan bangsa China harus dijunjung tinggi.

Pernyataan tersebut disampaikan Presiden Xi Jinping dalam konferensi pusat yang membahas persoalan etnis di Beijing, China, Sabtu (28/8/2021).

Baca Juga: Tuduh AS Politisasi Covid-19, China: Bersiap Untuk Serangan Balasan Kami!

Jinping turut menekankan konsolidasi komunitas bangsa China dan pendekatan sesuai karakter bangsanya dalam menangani urusan etnis yang beragam.

Presiden Jinping yang juga menjabat sebagai sekretaris jenderal (Sekjen) Partai Komunis China, mendorong pengembangan partainya dalam menangani urusan etnis.

Baca Juga: Presiden Xi Jinping Serukan Toilet yang Lebih Bersih dalam ‘Revolusi Toilet’ di Pedesaan China

Dalam pidatonya, Jinping merangkum pembentukan pemikiran penting partai tentang penguatan dan peningkatan kerja etnis sejak reformasi dan pembukaan, terutama setelah Kongres Nasional CPC ke-18 pada tahun 2012.

Ia menyebut, posisi historis pekerjaan etnis partai di era baru harus dipahami dari perspektif strategis peremajaan nasional.

Jinping meminta semua kelompok etnis untuk bersama-sama berjuang membangun China sebagai negara sosialis modern sepenuhnya. 

Video Editor: Vila Randita



Sumber : CCTV

BERITA LAINNYA



Close Ads x