Kompas TV nasional kesehatan

Anies Baswedan: Target Vaksinasi Covid-19 di DKI Jakarta Capai 105 Persen

Kompas.tv - 28 Agustus 2021, 22:12 WIB
anies-baswedan-target-vaksinasi-covid-19-di-dki-jakarta-capai-105-persen
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tiba di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (17/11/2020). (Sumber: ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK A)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim bahwa vaksinasi Covid-19 di wilayahnya sudah mencapai target hingga 105 persen.

Hasil pencapaian ini menurut Anies memiliki perbedaan yang cukup jauh jika dibandingkan dengan provinsi lain yang hingga kini baru mencapai 15-20 persen.

“Target vaksinasi sudah 105 persen tercapai, jadi terlampaui. Sementara tetangga ada yang masih 15 (persen), ada yang 20 (persen),” kata Anies dalam Kongres Nasional Keluarga Alumni Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) yang digelar secara daring, Sabtu (28/8/2021).

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 Targetkan 16.000 Pelajar di Jawa Barat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memang tengah serius melaksanakan program percepatan vaksinasi Covid-19, baik untuk dosis pertama maupun dosis kedua.

Hal ini dilakukan untuk mencapai herd immunity atau kekebalan komunal di wilayah tersebut.

Anies Baswedan juga mengatakan bahwa per harinya, DKI Jakarta mampu melakukan vaksinasi hingga 200 ribu orang.

“Di Jakarta ini tiap hari ini bisa memvaksin lebih 200 ribu orang per hari,” klaim Anies.

Anies menjelaskan bahwa vaksinasi massal ini dapat dilakukan karena koordinasi yang baik antara puskesmas-puskesmas yang ada di DKI Jakarta.

“Kenapa bisa? Kita punya 300 puskesmas lebih. Dan 300 puskesmas lebih itu selama setahun pemanasan terus, dengan sistem distribusi itu,” jelasnya.

Baca Juga: Apresiasi Kebijakan Sertifikat Vaksin, Megawati: Efektif Mengetatkan Prokes

Untuk merealisasikan percepatan vaksinasi Covid-19, Anies mengatakan pentingnya kerja tim dengan berbagai pihak demi mencapai kekebalan komunal.

“Kita koordinasi, kerjakan. Menurut kami, salah satu tantangan penting untuk membuat sebuah kerja struktural agar di sebuah kawasan ada kerja bersama,” tandasnya.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x