Kompas TV feature ngopi

75 Tahun Siber dan Sandi Mengabdi - NGOPI

Kompas.tv - 28 Agustus 2021, 22:28 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Pada tanggal 4 April 1946, Mr. Amir Sjarifuddin (Menteri Pertahanan), memerintahkan dr. Roebiono Kertopati, seorang dokter kepresidenan di Kementerian Pertahanan Bagian B (bagian intelijen) untuk membentuk badan pemberitaaan rahasia yang disebut dengan Dinas Code. Tak lama setelah menerima perintah, dr.Roebiono yang kala itu berpangkat letnan kolonel segera bergerak.

dr.Roebiono membentuk kamar sandi yang kelak di kemudian hari menjadi embrio berdirinya Lembaga Sandi Negara yang kini berubah nama menjadi Badan Siber dan Sandi Negara. 
Siapa sangka, lewat kode sandi yang tertulis di ‘Buku Kode C” karya Roebiono Kertopati, Indonesia mampu mengabarkan kepada dunia bahwa perjuangan masih menyala & Indonesia masih ada, meskipun di bawah tekan Agresi Militer yang dilancarkan Belanda 1 tahun setelah proklamasi kemerdekaan.

Tapi kenapa cerita sepenting ini jarang terdengar di telinga, seperti kisah-kisah sejarah Indonesia yang hilang  =begitu saja? Simak pembahasan selengkapnya di NGOPI eps 75 Tahun Siber dan Sandi Mengabdi Sabtu, 28 Agustus 2021 pkl 20.00 WIB



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.