Kompas TV nasional kesehatan

Anies Klaim Vaksinasi di DKI Sudah 105% dari Target

Kompas.tv - 28 Agustus 2021, 18:29 WIB
Penulis : Abdur Rahim

JAKARTA, KOMPAS.TV – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim, vaksinasi di DKI Jakarta sudah mencapai 105% dari target yang sebelumnya.

Menurut Anies, jumlah ini lebih banyak dari capaian provinsi-provinsi lain di Indonesia.

Hal ini disampaikan Anies saat Kongres Nasional II KA KAMMI yang digelar secara daring (28/8).

"Di Jakarta ini tiap hari ini bisa memvaksin lebih 200 ribu orang per hari. Kenapa bisa? Kita punya 300 puskesmas lebih dan 300 puskesmas lebih itu pemanasan terus dalam setahun dengan sistem distribusi itu. Sehingga sekarang kalau ditanya Jakarta target vaksinasi kita sudah 105 persen tercapai itu terlampaui, sementara tetangga ada yang masih 15, ada yang 20 persen," tutur Anies.

Baca Juga: Soal Interpelasi Formula-E, Anies Baswedan: Kita Lagi Sibuk-sibuk Menangani Covid-19

Mantan Menteri Pendidikan ini menyebut, keberhasilan ini tak lepas dari sistem yang telah dibangun sejak setahun lalu, berupa sistem distribusi, monitoring inventory, yang digunakan untuk pengaturan masker, APD, dll.

Menurutnya, koordinasi antar berbagai pihak menjadi kunci dari kesuksesan kecepatan vaksinasi Covid-19.

"Misalnya kami lakukan vaksinasi sekarang, vaksinasi dikerjakan memang di bulan ini, tapi persiapannya itu kita bangun sistemnya sejak tahun lalu. Bangun sistem distribusi, sistem monitoring inventori dari tahun lalu untuk masker, APD, itu disiapkan betul sampai ke puskesmas paling ujung-ujung. Orangnya disiapkan, sistem monitoring disiapkan bertahap. Ketika kemudian ditambahkan dengan tugas vaksinasi, cepat," kata Anies. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x