Kompas TV regional berita daerah

Meskipun Pandemi, Kelompok Tenun Perempuan Papua Tetap Produktif

Kompas.tv - 28 Agustus 2021, 18:19 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Meskipun pandemic, semangat untuk meningkatkan pemahaman akan budaya Papua terus dilaksanakan, salah satunya datang dari sanggar Maitemorai di kota Sorong Papua Barat, yang tetap meningkatkan produktivitas perempuan Papua di tengah pandemi Covid-19.

Tenun ini merupakan ciri khas dari Papua, biasanya hasil tenunan kain digunakan untuk acara adat, salah satunya pembayaran mas kawin dan sebagainya. Sehingga sanggar Maitemorait terus meningkatkan keterampilan perempuan, meskipun dalam situasi pandemi.

Keterampilan industri tenunan kain Papua yang bekerjasama dengan dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak ini, sudah dilakukan setiap tahun. Dengan tujuan dapat meningkatkan pemahaman Perempuan tentang keterampilan menenun kain.

Meskipun dengan serba keterbatasan dan dalam situasi pandemi, namun semangat peserta tidak berhenti, mereka terus belajar, sehingga dari hasil pelatihan ini dapat bermanfaat bagi mereka.

Sementara itu Anggota Majelis Rakyat Papua Barat pokja perempuan turut memantau pelatihan keterampilan peserta tenun Papua, hal ini menunjukan bawah peruntukan dana otonomi khusus sudah sesuai dan tepat sasaran.

Diharapkan kegiatan ini dapat terus digaungkan, khusus dalam peningkatan kapasitas dan kreativitas perempuan, agar dapat berguna untuk membantu ekonomi keluarga kedepannya.

#SorongPapuaBarat #TenunPapua #PemberdayaanPerempuan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x