Kompas TV internasional kompas dunia

Suku-Suku Asli Amazon Desak Perlindungan Hutan Hujan Amazon pada Kongres IUCN September Nanti

Sabtu, 28 Agustus 2021 | 01:00 WIB
suku-suku-asli-amazon-desak-perlindungan-hutan-hujan-amazon-pada-kongres-iucn-september-nanti
Forum masyarakat adat Amazon meminta agar forum IUCN September nanti mendukung perlindungan 80 persen Amazon pada 2025, agar bisa membendung laju gila-gilaan deforestasi serta perusakan hutan. (Sumber: Sydney Morning Herald via Getty Images)

BOGOTA, KOMPAS.TV - Suku-suku asli dari pedalaman Amazon mendesak adanya tindakan segera untuk melindungi hutan hujan terbesar di dunia itu. Desakan itu termaktub dalam permintaan resmi kepada Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam IUCN untuk dipertimbangkan pada kongres dunia IUCN di Prancis bulan September nanti. 

Seperti dilansir Antara, Jum'at (27/8/2021), Badan Koordinasi untuk Organisasi Adat Amazon Basin (COICA), yang merupakan anggota IUCN, ingin forum tersebut memilih untuk mendukung perlindungan 80 persen Amazon pada 2025. Dukungan itu bertujuan membendung laju gila-gilaan deforestasi serta perusakan hutan dan membantu menjaga agar tanah dan komunitas mereka tetap aman.

Koordinator Umum COICA Jose Gregorio Diaz Mirabal, yang mengajukan mosi darurat ke IUCN hari Jumat, mengatakan kemampuan untuk berpartisipasi "mewakili ruang (hidup) penting bagi kami".

"Kita perlu berada di tempat di mana solusi seharusnya dibahas untuk krisis planet ini," kata Diaz, yang akan menghadiri kongres pada 3-11 September di Marseille.

Victoria Tauli-Corpuz, mantan Pelapor Khusus PBB untuk Hak Masyarakat Adat, mendesak anggota IUCN untuk meloloskan mosi COICA "karena krisis lingkungan yang parah di planet ini" dan membahas rencana konkret untuk mengimplementasikan rekomendasinya.

Kongres IUCN, yang akan diadakan secara langsung dan virtual, disebut-sebut sebagai acara konservasi terbesar di dunia yang diadakan setiap empat tahun.

Kongres tersebut mengumpulkan sekitar 10.000 peserta, termasuk masyarakat adat, pejabat pemerintah, dan pemimpin bisnis.

Baca Juga: Penghancuran Hutan Hujan Amazon Catat Rekor Tertinggi Bulan Juni Kemarin

Foto tahun 2013 ini menunjukkan traktor sedang bekerja di pertanian gandum, di tanah yang dulunya merupakan hutan hujan Amazon perawan di Brasil. (Sumber: Straits Times )

Pada pertemuan tersebut, lebih dari 1.300 kelompok anggota IUCN dari pemerintah, masyarakat sipil dan masyarakat adat akan memberikan suara pada berbagai masalah. Ini termasuk bagaimana mengatasi perubahan iklim, meningkatkan perlindungan alam, dan mempromosikan pemulihan Covid-19 yang ramah lingkungan. 

Tujuannya adalah untuk menginformasikan pembuat kebijakan dan negosiator menjelang KTT Iklim PBB COP pada 26 November di Skotlandia.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

Sumber : Sydney Morning Herald/Antara


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:33
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19