Kompas TV nasional peristiwa

Kereta Bandara YIA Diluncurkan, Ini Tarif Promonya

Kompas.tv - 27 Agustus 2021, 19:21 WIB
kereta-bandara-yia-diluncurkan-ini-tarif-promonya
Kereta api (KA) Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) diluncurkan di Stasiun Kereta Api Bandara YIA Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (27/8/2021). (Sumber: dok. Humas DJKA)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Kereta api (KA) Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) diluncurkan di Stasiun Kereta Api Bandara YIA Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (27/8/2021). Soft launching KA Bandara YIA ini juga dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut
B. Panjaitan, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dan Gubernur DIY Sultan HB X.

Kemenhub melalui Ditjen Perkeretaapian mulai membangun jalur kereta api ini pada 2019 dengan biaya investasi sekitar Rp1,1 triliun. Pembangunan dimulai dari Stasiun Kedundang ke arah Bandara YIA sepanjang 5,4 kilometer. 

Jalur yang dibangun terdiri dari jalur at grade (di permukaan tanah) sepanjang 300 meter dan konstruksi jalur ganda layang sepanjang 5,1 km serta 16 unit konstruksi jembatan. Stasiun kereta api di Bandara YIA dibangun  PT Angkasa Pura (AP) I, sedangkan fasilitas stasiun kerata api bandara disediakan oleh PT KAI.

Baca Juga: Catat! Kereta Bandara Internasional Yogyakarta Bakal Beroperasi September 2021, Ini Alasannya

Kementerian Perhubungan telah memastikan aspek keselamatan kereta api bandara ini dengan melakukan serangkaian pengujian dan sertifikasi kelaikan prasarana serta penilaian keselamatan terhadap prasarana jalur KA Bandara YIA.

"Pembangunan KA Bandara YIA ini merupakan salah satu proyek strategis nasional yang pembangunannya tetap dilanjutkan di tengah pandemi," ujar Menhub Budi Karya Sumadi.

Kehadiran KA Bandara YIA ini akan mempersingkat waktu tempuh dari Yogyakarta ke Bandara YIA menjadi 40 menit. Setelah soft opening, kegiatan selanjutnya adalah pengoperasian secara komersial dan akan disiapkan tarif promosi bagi pengguna jasa KA Bandara YIA.

Rencananya, KA Bandara YIA akan beroperasi secara komersial mulai September 2021. Untuk tarif pada saat awal operasional diberlakukan tarif promo sebesar Rp 20.000. Tarif ini sudah mendapat subsidi dari Pemerintah melalui skema Obligasi Layanan Publik (PSO).

Sementara, Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi Kemenhub yang telah berhasil menyelesaikan pembangunan KA Bandara YIA di tengah masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: PT Railink Pastikan Jadwal Beroperasinya Kembali Kereta Bandara

“Yogyakarta adalah kota pelajar dan menjadi tujuan destinasi wisata strategis nasional, sehingga KA Bandara YIA ini disiapkan untuk meningkatkan kunjungan wisata ke daerah ini,” ucap Menko Luhut.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x