Kompas TV regional berita daerah

Pemkab Jember Gelar Vaksinasi Ibu Hamil, Target Menyasar 8.813 Orang

Kompas.tv - 27 Agustus 2021, 17:01 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Satgas penanganan Covid-19 Kabupaten Jember Jawa Timur melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil. Kegiatan itu untuk mencegah ibu hamil dan bayi terpapar Covid-19 dengan gejala berat.

Vaksinasi ibu hamil digelar di 31 pusat kesehatan masyarakat yang ada di Kabupaten Jember Jawa Timur. Jenis vaksin yang diberikan adalah sinovac dan usia kandungan ibu hamil yang mendapat vaksin harus di atas 13 minggu.

Baca Juga: Polwan Hamil di Polres Bangkalan Mengikuti Vaksinasi Covid-19

Kepala Puskesmas Kaliwates, dr. Sri Isna Amelia mengatakan bahwa vaksinasi ibu hamil untuk mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok dan mencegah munculnya gejala berat, jika mereka terpapar virus corona. Selain itu untuk menekan angka kematian ibu hamil yang terpapar virus corona.

Dinas Kesehatan Kabupaten Jember sendiri menargetkan 8.813 ibu hamil sudah divaksin tahun ini. Vaksinasi ibu hamil akan dilakukan secara bertahap.  

Baca Juga: Ini Informasi Seputar Program Vaksinasi untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Kegiatan vaksinasi ibu hamil mendapat tanggapan positif, karena kondisi ibu hamil rentan terpapar virus corona dan beresiko menularkan ke bayinya saat lahiran.

Di Kabupaten Jember sendiri, angka kematian ibu hamil cukup tinggi. Pada tahun 2020, angka kematian ibu mencapai 61 orang dan angka kematian bayi mencapai 324 bayi.

 

#PemkabJember #Vaksinasi #Covid-19 #IbuHamil



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x