Kompas TV regional berita daerah

Apel Kesiapsiagaan Bencana di Pesisir Selatan Jember, 6 Kecamatan Rawan Terdampak Tsunami

Kompas.tv - 27 Agustus 2021, 16:48 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Bupati Jember Jawa Timur, Hendy Siswanto memimpin apel kesiapsiagaan penanganan bencana gempa dan tsunami di pesisir selatan. Kegiatan itu untuk mempercepat mitigasi di 6 kecamatan rawan terdampak tsunami setinggi 20 meter.  

Apel kesiapsiagaan dan penanganan bencana gempa dan tsunami digelar di Alun-alun Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, pada Kamis (26/8/2021).

Peserta apel dari berbagai unsur, yakni relawan, tim reaksi cepat BPBD, desa tanggap bencana, TNI, Polri, PMI dan petugas pemadam kebakaran.

Baca Juga: Pakar ITB Ingatkan Potensi Tsunami 20 Meter akibat Megathrust Selatan Jawa, Bisa Menyentuh Istana

Bupati Jember, Hendy Siswanto mengatakan bahwa apel siaga bertujuan untuk mitigasi penanganan bencana dan evakuasi keselamatan warga di sejumlah titik rawan bencana gempa dan tsunami.

Petugas akan terjun ke masyarakat untuk sosialisasi rambu-rambu evakuasi dan juga memberikan pelatihan penyelamatan jika terjadi bencana alam.

Dari pantauan tim BPBD setempat, wilayah pesisir selatan Jember berpotensi terdampak gelombang tinggi 20 meter yang terjadi pasca gempa dengan kekuatan minimal 7 skala richter.

Wilayah pesisir selatan itu meliputi 6 kecamatan, yakni Kecamatan Jombang, Kencong, Gumukmas, Puger, Wuluhan dan Ambulu.

 

#ApelKesiapsiagaanBencana #Gempa #Tsunami #PesisirSelatan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x