Kompas TV pojok prokopim pemko medan

Pemprov Jateng Gandeng Shopee untuk Targetkan 700.000 UMKM Semarang Go Digital

Jumat, 27 Agustus 2021 | 16:35 WIB
pemprov-jateng-gandeng-shopee-untuk-targetkan-700-000-umkm-semarang-go-digital
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mencoba fasilitas Live Streaming Room Kampus UMKM Shopee di Semarang. (Sumber: Dok. Shopee)
Penulis : Elva Rini

SEMARANG, KOMPAS.TV – Bertepatan dengan Hari Jadi Provinsi Jawa Tengah ke-71, Shopee menggandeng Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan Kampus UMKM Shopee di Semarang, Minggu (15/8/2021).

Bertempat di Hetero Space, Banyumanik, Semarang, pendirian Kampus UMKM Shopee ditujukan untuk membangun potensi dah memberi dukungan kepada UMKM di Kota Semarang, melalui pengadaan pusat pendidikan, pendampingan, serta pelatihan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi peresmian Kampus UMKM Shopee Semarang yang nantinya akan disusul dengan Kampus UMKM Shopee di beberapa kota lain Jawa Tengah.

“Saya menyambut gembira kerjasama dengan Shopee ini, karena melalui hal seperti Kampus ini, para UMKM bisa mengerti cara jualan online itu seperti apa, dikasih jalan untuk ke konsumen, dan diajari gimana cara berjualan yang menarik. Bahkan nantinya kita akan ditambahkan tempat lain juga,” kata Ganjar dalam peresmian UMKM Shopee Semarang.

Baca Juga: Pemerintah Berupaya Menggaet 30 Juta UMKM di Perdagangan Digital

“Kita berharap UMKM bisa semakin bangkit dan resilient (tangguh) untuk bisa terus mempromosikan barangnya. Peran marketplace semacam ini sangat diperlukan. Jadi teman-teman kalau masih belum mengerti bisa datang ke tempat ini dan gratis,” imbuhnya.Shopee membuka kesempatan kepada para UMKM asal Semarang untuk dapat secara gratis melakukan konsultasi, mengikuti pelatihan, hingga menggunakan fasilitas pendukung yang telah disediakan di Kampus UMKM Shopee.

Kampus UMKM Shopee Semarang direncanakan menjadi pusat percepatan literasi digital yang tersebar di 6 daerah di Jawa Tengah. Langkah ini dilakukan guna mencapai target 700.000 UMKM Jawa Tengah go digital dalam setahun ke depan.

Nantinya, pihak Shopee akan memberikan pendampingan mulai dari edukasi dan pelatihan terkait operasional, strategi, peningkatan kapasitas produksi bisnis online, hingga arahan untuk mendapatkan bantuan pendanaan dari Shopee.

Baca Juga: Jokowi Ungkap 3 Strategi Besar Bisnis Negara, Salah Satunya Digitalisasi UMKM

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, Kampus UMKM Shopee Semarang merupakan realisasi dari komitmen kami untuk terus mendukung para pelaku UMKM di Jawa Tengah.

“Shopee melihat potensi besar dari para pelaku UMKM di Semarang untuk dikenal pasar dunia, seperti produk kulit, kain tenun, produk keramik, dan fashion muslim. Sebelumnya, kami sudah meresmikan Kampus UMKM serupa di kota Solo pada bulan Mei 2021 lalu dan akan merambah ke 5 titik berikutnya di Jawa Tengah,” ujar Handhika.

“Kami berharap inisiatif ini dapat meningkatkan literasi digital yang mumpuni bagi total 700.000 UMKM di Jawa Tengah. Kami juga berharap, upaya ini dapat mewujudkan cita-cita Shopee menjadi mitra terpercaya dalam pertumbuhan UMKM di seluruh Indonesia,” pungkasnya.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x