Kompas TV pojok prokopim pemko medan

Pemprov Jateng Gandeng Shopee untuk Targetkan 700.000 UMKM Semarang Go Digital

Jumat, 27 Agustus 2021 | 16:35 WIB
pemprov-jateng-gandeng-shopee-untuk-targetkan-700-000-umkm-semarang-go-digital
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mencoba fasilitas Live Streaming Room Kampus UMKM Shopee di Semarang. (Sumber: Dok. Shopee)

SEMARANG, KOMPAS.TV – Bertepatan dengan Hari Jadi Provinsi Jawa Tengah ke-71, Shopee menggandeng Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan Kampus UMKM Shopee di Semarang, Minggu (15/8/2021).

Bertempat di Hetero Space, Banyumanik, Semarang, pendirian Kampus UMKM Shopee ditujukan untuk membangun potensi dah memberi dukungan kepada UMKM di Kota Semarang, melalui pengadaan pusat pendidikan, pendampingan, serta pelatihan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi peresmian Kampus UMKM Shopee Semarang yang nantinya akan disusul dengan Kampus UMKM Shopee di beberapa kota lain Jawa Tengah.

“Saya menyambut gembira kerjasama dengan Shopee ini, karena melalui hal seperti Kampus ini, para UMKM bisa mengerti cara jualan online itu seperti apa, dikasih jalan untuk ke konsumen, dan diajari gimana cara berjualan yang menarik. Bahkan nantinya kita akan ditambahkan tempat lain juga,” kata Ganjar dalam peresmian UMKM Shopee Semarang.

Baca Juga: Pemerintah Berupaya Menggaet 30 Juta UMKM di Perdagangan Digital

“Kita berharap UMKM bisa semakin bangkit dan resilient (tangguh) untuk bisa terus mempromosikan barangnya. Peran marketplace semacam ini sangat diperlukan. Jadi teman-teman kalau masih belum mengerti bisa datang ke tempat ini dan gratis,” imbuhnya.Shopee membuka kesempatan kepada para UMKM asal Semarang untuk dapat secara gratis melakukan konsultasi, mengikuti pelatihan, hingga menggunakan fasilitas pendukung yang telah disediakan di Kampus UMKM Shopee.

Kampus UMKM Shopee Semarang direncanakan menjadi pusat percepatan literasi digital yang tersebar di 6 daerah di Jawa Tengah. Langkah ini dilakukan guna mencapai target 700.000 UMKM Jawa Tengah go digital dalam setahun ke depan.

Nantinya, pihak Shopee akan memberikan pendampingan mulai dari edukasi dan pelatihan terkait operasional, strategi, peningkatan kapasitas produksi bisnis online, hingga arahan untuk mendapatkan bantuan pendanaan dari Shopee.

Baca Juga: Jokowi Ungkap 3 Strategi Besar Bisnis Negara, Salah Satunya Digitalisasi UMKM

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, Kampus UMKM Shopee Semarang merupakan realisasi dari komitmen kami untuk terus mendukung para pelaku UMKM di Jawa Tengah.

Penulis : Elva Rini

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:48
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19