Kompas TV nasional peristiwa

BMKG Prediksi Musim Hujan Datang Lebih Awal, DKI Bersiap Antisipasi Banjir

Kompas.tv - 27 Agustus 2021, 09:12 WIB
bmkg-prediksi-musim-hujan-datang-lebih-awal-dki-bersiap-antisipasi-banjir
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, di Jakarta Pusat, Kamis (19/8/2021) (Sumber: Hasya Nindita/Kompas.tv)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya tengah bersiap mengantisipasi banjir mengikuti peringatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa musim hujan diperkirakan datang lebih awal. 

Pihaknya melakukan antisipasi bersama dengan Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA)

"Ya betul saya juga sudah pimpin rapat buat evaluasi sama Suku Dinas SDA untuk antisipasi banjir ke depan," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (26/8/2021) malam. 

Riza mengatakan akan melakukan percepatan pada program-program yang sudah berjalan untuk membantu mengantisipasi banjir.

"Tentu program-program yg sudah jalan dilakukan percepatan, optimalisasi sumur resapan, waduk, pengerukan kali sungai, gerebek lumpur, dan lain-lain," kata Riza. 

Baca Juga: BMKG Prediksi Musim Hujan Datang Lebih Awal, Pemda Diminta Siapkan Mitigas

Sebagai informasi, BMKG memprediksi musim hujan akan datang lebih awal pada tahun ini. Prediksi ini diikuti oleh adanya potensi bencana hidrometeolrogi.

Puncak musim hujan periode 2021/2022 diprediksi terjadi pada Januari-Februari 2022. 

“Perlu menjadi perhatian bersama, terutama di wilayah-wilayah rawan banjir, tanah longsor, dan tanah bergerak seiring intensitas curah hujan yang akan terus semakin meninggi,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat konferensi pers virtual di Jakarta, Kamis (26/8/2021). 

BMKG mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat mewaspadai, mengantisipasi dan memitigasi lebih awal guna menghindari dan mengurangi risiko bencana.

Baca Juga: Info Cuaca BMKG Jumat, 27 Agustus 2021: Waspadai Hujan Lebat dan Angin Kencang di 20 Wilayah

Sejumlah wilayah yang diprediksi akan mengalami musim hujan lebih besar dari biasanya; sebagian Aceh, Sumatera Utara, Sumatra Barat, Riau bagian selatan, Jawa, Bali-Nusa Tenggara, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur bagian barat hingga selatan, Sulawesi, Maluku Utara bagian barat, Pulau Seram bagian selatan, dan Papua bagian selatan. 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x