Kompas TV feature coffee story

Kopi Sidikalang, Salah Satu Kopi Terbaik di Nusantara!

Kompas.tv - 26 Agustus 2021, 21:45 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Sidikalang, Ibu Kota Dairi, Sumatera Utara, sudah dikenal sejak zaman Belanda sebagai central penghasil kopi. Awalnya kopi robusta adalah primadona dari Daerah Sidikalang.

Namun seiring meningkatnya harga kopi arabika di pasar dunia, para eksportir pun mulai berlomba-lomba mendapatkan Kopi Sidikalang.

Bagi para penikmat kopi, Sidikalang adalah legendanya. Siapa yang tak kenal biji-biji hitam beraroma khas saat diseduh yang tumbuh di salah satu dataran tinggi Sumatera Utara ini.

Kini, kopi Sidikalang berjuang melawan kopi-kopi lain yang menjadi saingannya misalnya kopi Doloksanggul, Mandailing, Karo, Simalungun, Gayo, dan lainnya. Wilayah Sidikalang berada di kawasan Bukit Barisan dengan ketinggian 1.500 meter dpl.

Kombinasi kawasan yang sejuk dan dingin dengan jenis tanah di wilayah Sidikalang yang subur, mampu menciptakan salah satu kopi terbaik di Nusantara. 

Cita rasa sedang yang dimiliki robusta Sidikalang ini menghasilkan tingkat keasaman yang rendah. Menjadi daya tarik lain bagi para penikmat kopi untuk mencicipi kekhasan dari kopi Sidikalang.

Video ini tayang pada tanggal 13 Februari 2020.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.