Kompas TV video sinau

Sampah Antariksa, Berbahayakah Bagi Bumi?

Kompas.tv - 27 Agustus 2021, 18:02 WIB
Penulis : Edika ipelona

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sampah jika tidak segera diolah akan sangat mengganggu. Begitu juga dengan sampah antariksa. Sampah antariksa adalah benda buatan yang mengorbit pada bumi namun sudah tidak berfungsi lagi. 

Contoh sampah antariksa adalah seperti satelit yang sudah selesai masa kerjanya dan juga roket yang sudah selesai dalam mengorbitkan satelit. 

Selain satelit dan roket, serpihan-serpihannya juga akan menjadi sampah antariksa. Bahkan, sampah antariksa dalam bentuk serpihan ini lebih besar daripada roket atau satelit itu sendiri. 

Baca Juga: Wahana Antariksa China, Tianwen-1, Berhasil Mendarat di Planet Mars 

Lalu, apa ruginya jika sampah antariksa ini bertebaran? Sampah antariksa ini berpotensi mengganggu atau bahkan merusak satelit lain yang masih hidup. Meskipun ukuran sampah antariksa ini kecil, ia masih bisa menimbulkan kerugian yang besar. 

Hal ini dikarenakan sampah antariksa memiliki kecepatan tujuh kilometer perdetik untuk setiap lima kilogram sampah. Sehingga sangat berbahaya apabila menabrak satelit buatan lain. 

Jumlah sampah antariksa juga bertambah setiap hari. Banyaknya sampah antariksa ini berpotensi meningkatnya tabrakan antarbenda antariksa.

Video Editor: Novaltri Sarelpa
Video Grafis: Achmad Ilyas



Sumber : Grid.bobo.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x