Kompas TV regional budaya

Festival Besurek: Bukti Semangat Gaungkan Seni Budaya di Bengkulu

Kompas.tv - 26 Agustus 2021, 18:11 WIB
festival-besurek-bukti-semangat-gaungkan-seni-budaya-di-bengkulu
Salah satu contoh karya seni yang dipamerkan dalam Festival Besurek di gedung Taman Budaya Bengkulu. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Vyara Lestari

BENGKULU, KOMPAS.TV - Pameran seni rupa, Festival Besurek, saat ini tengah digelar secara online dan offline di gedung Taman Budaya Bengkulu.

Direktur Utama Festival Besurek, Rommi Roestam mengatakan, pertunjukan seni yang dibuka mulai 24 hingga 27 Agustus 2021 tersebut merupakan bagian dari platform Indonesiana.

"Hari ini merupakan hari yang bersejarah bagi Bengkulu, (karena) platform Indonesiana sudah berjalan selama tiga tahun dan hadir di Bengkulu untuk pertama kalinya," kata Rommi, dikutip dari Antara, Kamis (26/8/2021).

Rommi menyebut kegiatan seperti Festival Besurek mesti terus digaungkan supaya seni budaya Bengkulu dapat dikenal, baik di tingkat nasional ataupun internasional.

Baca Juga: Seni Tatah Sungging Kerap Dilupakan, Dalang Wahyu Pamerkan Wayang Buatannya di Galeri Kahangnan

Menurut Rommi, semangat untuk memperkenalkan seni budaya Bengkulu tidak boleh luntur hanya karena saat ini pandemi Covid-19 masih menjadi penghalang utama kegiatan masyarakat.

"Maka dari itu, kami buktikan bahwa kreativitas itu tidak bisa berhenti, kreativitas tetap berjalan, semangat bergelora tinggi, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan keadaan," tuturnya.

Buktinya, Rommi menambahkan, kini makin banyak karya seni yang mulai merambah media baru sebagai bentuk adaptasi terhadap perubahan zaman.

"Inilah yang menjadikan Festival Besurek (hadir) dengan konsep virtual, kami ingin mengatakan seni dan budaya tidak mati karena bisa hidup dalam kondisi apapun," terang Rommi.

Baca Juga: Dorong Pelestarian Seni Pewayangan, Ki Anom Suroto: Sudah Masanya Dalang Milenial

Sementara itu, Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi mengutarakan apresiasi yang setinggi-tingginya bagi pelaku seni di Bengkulu yang sukses menggelar Festival Besurek.

"Sukseskanlah acara ini dan tahun depan akan kembali digelar Festival Besurek dengan dihadiri seluruh masyarakat Bengkulu dan pandemi juga berakhir," kata Dedy.

Sebagai informasi, masyarakat bisa melihat pameran seni dalam Festival Besurek mulai dari pukul 09.00 sampai 16.00 WIB dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Namun, bagi masyarakat yang berhalangan hadir secara langsung tetap dapat menikmati pameran dengan menonton live streaming di akun media sosial dan Youtube Festival Besurek.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x