Kompas TV regional berita daerah

Sertifikat Vaksin Akan Jadi Syarat Masuk Mall

Kamis, 26 Agustus 2021 | 14:26 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Pembukaan mall dimasa pppkm level empat membuat pemerintah kota makassar membuat kebijakan baru. Pengujung mal pun wajib memiliki sertifikat vaksin.

Wacana pemberlakukan sertifikat vaksin bagi pengunjung mall terungkap dalam rapat koordinasi antara pemerintah kota makassar dan pihak mal yang di gelar di balaikota makassar. 

Penggunaan sertifikat vaksin sebagai upaya menekan penularan kasus covid-19 selain penerapan protokol kesehatan ketat di pusat keramaian termasuk mall . 

"Mal itu sudah ada standar, pengusaha mal sama pegawai pemilik tenant wajib vaksin semua," ungkap Danny.

Namun persyaratan wajib vaksin untuk pelaku usaha mal dan pegawainya tersebut belakangan disesuaikan. Danny menyebut asosiasi mal meminta pengunjung juga diwajibkan vaksin jika ingin masuk ke mal.

"Mereka (asosiasi mal) yang sendiri minta itu (pengunjung mal juga wajib vaksin), asosiasi mal sudah menerapkan standar. Makanya saya kemarin izin kasi masuk persyaratan (para pengunjung mal wajib vaksin)," kata Danny.

Menurut Danny, pihak asosiasi mal mengaku telah menyiapkan aplikasi PeduliLindungi untuk mendeteksi apakah pengunjung mal sudah vaksin atau belum.

"Ketua asosiasi sampaikan 'Pak kita juga mau pakai aplikasi peduli lindungi sekaligus pertanggungjawaban berapa orang yang masuk," ungkap Danny.

Sementara ini, kata Danny, wajib vaksin bagi pengunjung hanya berlaku jika ingin masuk ke mal. Sementara untuk sektor usaha lainnya, seperti THM, belum diterapkan.

"Hanya mal, THM akan digunakan juga itu. Tapi nanti kita lihat dululah," beber Danny.

Selain mal dan THM, pasar tradisional, laundry hingga barbershop sudah diperbolehkan buka. Kegiatan sejenis seperti pedagang kaki lima, toko kelontong, agen atau outlet voucher, pedagang asongan, dan pasar loak juga sudah bisa buka.

Termasuk pasar burung atau unggas, pasar basah, pasar batik, bengkel kecil, cuci kendaraan, dan lain-lain yang sejenis diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat, memakai masker, mencuci tangan, hand sanitizer.

"Dapat dibuka sampai dengan pukul 21.00 Wita setelah protokol kesehatan 5 M dipenuhi," ungkap Danny.

Namun Danny mengingatkan masyarakat tak boleh bereuforia berlebihan terkait sejumlah relaksasi dalam PPKM. Sebab, kata dia, angka terkonfirmasi positif COVID-19 bisa kembali naik apabila masyarakat lengah.

"Jadi yang pertama adalah walaupun seperti itu, Makassar sudah di bawah 100, tapi bukan berarti kita sudah memang, karena itu sudah naik lagi," katanya.

"Jadi jangan lengah. Justru pada saat sekarang ini kita harus kompak menekan terus sampai ke bawah supaya tidak naik lagi, termasuk mempercepat vaksinasi," kata Danny.

Menurut Danny, Pemkot Makassar saat ini tengah menunggu suplai vaksin 35 ribu vial. Selain mengebut vaksinasi, program testing on the road juga akan ditingkatkan.

"ini sudah 8.000 total (peserta testing on the road). Kita tambah sekarang, kemarin kan orangnya yang kurang, baru di-training hari ini, kalau antigen kita masih banyak. Dua tiga hari mudah-mudahan bisa turun lapangan," katanya.

#vaksinasi
#covid19
#shopping

Penulis : KompasTV Makassar

Sumber : Kompas TV Makassar



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:50
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19