Kompas TV internasional kompas dunia

Mantan Menteri Afghanistan Lulusan Oxford Itu, Kini Jadi Pengantar Pizza di Jerman

Kompas.tv - 26 Agustus 2021, 08:33 WIB
mantan-menteri-afghanistan-lulusan-oxford-itu-kini-jadi-pengantar-pizza-di-jerman
Syed Ahmad Shah Saadat jadi pengantar pizza di Jerman (Sumber:  twitter EHA News)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Tanpa sungkan dan ragu, Syed Ahmad Shah Saadat naik sepeda dengan seragam oranye mengantarkan pizza kepada pelanggannya di Leipzig, Jerman. Padahal, pemegang dua gelar master dalam komunikasi dan teknik elektronik dari Universitas Oxford ini, adalah menteri Menteri Komunikasi dan IT Afghanistan di era pemerintahan Presiden Ashraf Ghani. 

Namun setelah dua tahun menjabat, dia mengundurkan diri karena berselisih dengan Ghani lalu pergi Jerman untuk mencari penghidupan.

Baca Juga: Taliban di Doha: Warga Afghanistan Berdokumen Lengkap Bisa Pergi ke Luar Negeri Setelah 31 Agustus


Foto Syed Ahmad Shah Saadat sedang mengatar pizza pun viral. Beberapa gambar yang diposting oleh Al Jazeera Arabia dan media lokal lainnya menunjukkan Syed Ahmad Shah Saadat mengantarkan pizza dengan sepedanya di Leipzig, Jerman.

Fakta Saadat jadi pengantar Pizza juga disampaikan jurnalis Jerman yang mengaku telah melihatnya di jalan saat sedang mengantarkan pizza dengan sepeda.

"Beberapa hari yang lalu, saya bertemu dengan seorang pria yang mengaku sebagai menteri komunikasi Afghanistan selama dua tahun lalu. Saya bertanya apa yang dia lakukan di Leipzig?. 
Saadat pun menjawab, "Saya berkendara keluar dari Essen untuk Lieferando". Lieferando adalah  layanan pengiriman makanan di Jerman.

Baca Juga: Kabur Usai Taliban Kuasai Afghanistan, 5 Perempuan Tim Robotika tiba di Meksiko

Saadat memberikan tanggapan tentang kondisi negaranya yang kini jatuh ke tangan Taliban. "Jatuhnya pemerintahan Ashraf Ghani begitu cepat, tidak diharapkan," katanya.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x