Kompas TV nasional hukum

Kasus Korupsi Jiwasraya Inkrah, Benny Tjokro Resmi Jadi Warga Baru Lapas Cipinang

Kamis, 26 Agustus 2021 | 01:30 WIB
kasus-korupsi-jiwasraya-inkrah-benny-tjokro-resmi-jadi-warga-baru-lapas-cipinang
Komisaris PT Hanson Internasional Benny Tjokrosaputro (kanan) saat bersiap menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (31/1/2020). (Sumber: Antara Foto/Muhammad Iqbal via Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kejaksaan Agung (Kejagung) mengeksekusi Benny Tjokrosaputro alias Benny Tjokro dan lima terdakwa kasus korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi di PT Asuransi Jiwasraya lainnya ke lembaga pemasyarakatan (Lapas).

Eksekusi ini dilakukan setelah Mahkamah Agung menolak permohonan kasasi Benny Tjokro dan para terdakwa kasus korupsi Jiwasraya lainnya. Dengan demikian, perkara korupsi ini telah berkekuatan hukum tetap atau inkrah.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak menjelaskan eksekusi enam terdakwa kasus korupsi Jiwasraya dilakukan sekitar pukul 15.00 WIB, Rabu (25/8/2021).

Baca Juga: MA Tolak Kasasi Para Terdakwa Korupsi Jiwasraya, Benny Tjokro Tetap Jalani Vonis Seumur Hidup

Setelah mengeksekusi para terdakwa, jaksa eksekutor akan menuntaskan eksekusi pidana denda, barang bukti, biaya perkara kepada masing-masing terpidana sesuai putusan perkara.

Eben juga menegaskan upaya hukum luar biasa berupa peninjauan kembali (PK) yang mungkin diajukan para terpidana ataupun penasihat hukumnya tidak menangguhkan eksekusi yang dilakukan Kejagung.

"Hal ini sebagaimana diatur dalam Pasal 66 ayat (2) UU No. 14 Tahun 1985 tentang Mahkamah Agung sebagaimana telah diubah dengan UU No. 5 Tahun 2004 , yang berbunyi permohonan peninjauan kembali tidak menangguhkan atau menghentikan pelaksanaan putusan Pengadilan," ujar Eben dalam keterangan tertulis, Rabu (25/8/2021).

Berikut enam terdakwa yang dieksekusi Kejagung untuk menjalankan hukuman pidana penjara;

1. Terpidana Heru Hidayat dieksekusi ke Rumah Tahanan Negara Cipinang.
2. Terpidana Hary Prasetyo dieksekusi ke Rumah Tahanan Negara Salemba.
3. Terpidana Hendrisman Rahim telah dieksekusi di Rumah Tahanan Negara Salemba dengan terlebih dahulu dipindahkan dari Rutan KPK.

Baca Juga: Kejaksaan Agung Sita 151 Bidang Tanah Milik Benny Tjokro di NTB Terkait Perkara ASABRI

Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:16
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19