Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Sri Mulyani Sebut Pertumbuhan Ekonomi Capai 4,5 Persen di Akhir 2021

Kompas.tv - 25 Agustus 2021, 20:26 WIB
sri-mulyani-sebut-pertumbuhan-ekonomi-capai-4-5-persen-di-akhir-2021
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani (Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperkirakan, ekonomi Indonesia dapat tumbuh sampai level tertinggi di angka 4,5 persen pada akhir 2021. 

"Untuk keseluruhan tahun diproyeksikan pertumbuhan ekonomi mencapai 3,7 persen sampai 4,5 persen," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN Kita Edisi Agustus 2021 yang disiarkan lewat kanal YouTube Kemenkeu pada Senin (23/8/2021).

Sri Mulyani menjelaskan, pertumbuhan ekonomi Indonesia mendekati level yang teratas yakni 4,5 persen namun dengan sejumlah catatan.

Catatan tersebut yaitu apabila pemulihan bisa berjalan mulai September hingga akhir tahun 2021 tanpa disrupsi Covid-19 atau penularan wabah tersebut bisa terjaga. 

Baca Juga: Sri Mulyani Jabarkan 4 Aspek Pertimbangan Kenaikan Tarif Cukai Rokok 2022

Sri Mulyani menuturkan, proses pemulihan ekonomi terjadi pada kuartal kedua. Hal itu bisa terlihat dari kondisi yang benar-benar bisa pulih hingga tumbuh mencapai 7,07 persen.

Sedangkan pada kuartal pertama, pemerintah masih menerapkan pembatasan sosial demi menekan angka penyebaran virus selama musim libur Natal dan Tahun Baru. Kebijakan itu pun terus berlanjut hingga bulan Maret.

"Kuartal I recovery kita belum kuat, karena di akhir tahun dalam rangka libur musim Natal dan Tahun Baru, kita masih ada PPKM yang berlanjut di Februari-Maret," kata dia.

Baca Juga: Puan Ingatkan Pemerintah: Utamakan Gunakan APBN 2022 untuk Penyelamatan Rakyat



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x