Kompas TV internasional kompas dunia

Taliban Pamerkan Pasukan Khusus Mereka, Kesatuan Tempur Badri 313

Kompas.tv - 25 Agustus 2021, 19:59 WIB
taliban-pamerkan-pasukan-khusus-mereka-kesatuan-tempur-badri-313
Taliban pamerkan pasukan khusus mereka, dari kesatuan tempur Badri 313 hari ini, 25 Agustus 2021. (Sumber: RTA TV/France24)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

PARIS, KOMPAS.TV - Taliban memamerkan "pasukan khusus" mereka sendiri di media sosial. Mereka adalah tentara dengan seragam baru yang dilengkapi dengan peralatan jarahan Amerika Serikat (AS) yang sangat kontras dengan citra pemberontak Afghanistan biasa yang hanya bersorban, berpakaian gombrang, dan bersendal saja, seperti dilansir France24, Rabu (25/08/2021).

Gambar dan video pejuang di unit yang disebut pasukan "Badri 313" itu diunggah secara daring untuk tujuan propaganda. Unggahan itu, kata para ahli, kian menegaskan bagaimana Taliban sekarang memiliki lebih banyak peralatan tempur dan melatih orang-orang yang mereka miliki dibanding di masa lalu.

Para prajurit komando Taliban itu ditampilkan dalam seragam, sepatu bot, balaclava dan pelindung tubuh yang serupa dengan pasukan khusus di seluruh dunia -- dan tidak seperti citra pasukan Taliban sebelumnya yang mengenakan pakaian tradisional shalwar kameez, sorban dan sandal. 

Alih-alih senapan Kalashnikov rancangan Rusia yang sudah usang disampirkan di bahu mereka, orang-orang Badri 313 memegang senapan baru buatan AS seperti M4, kadang-kadang dengan kacamata night-vision dan gunsights canggih. Semua hasil jarahan peralatan militer AS. 

Pasukan Badri 313 "kemungkinan mewakili beberapa personel yang paling terlatih dan diperlengkapi dalam kelompok Taliban secara lebih luas, meskipun ada semacam aroma sensasional dalam liputan propaganda unit oleh kelompok itu," Matt Henman dari konsultan pertahanan Janes mengatakan kepada AFP seperti dilansir France24.

Baca Juga: Ekonomi Afghanistan di Bawah Taliban Makin Terseok, Devisa Ditahan AS dan Pinjaman di IMF Dibekukan

Sejumlah milisi Taliban berpatroli di wilayah Wazir Akbar Khan di Kabul, Afghanistan, Rabu (18/8/2021). (Sumber: AP Photo/Rahmat Gul)

Seorang ahli senjata Barat yang menulis secara anonim di Twitter dengan nama samaran Calibre Obscura mengatakan, unit itu tidak akan cocok dengan pasukan khusus Barat, atau India atau Pakistan.

Tapi, "mereka lebih efektif daripada Taliban normal dan tentu saja lebih dari standar pasukan tentara nasional Afghanistan dari beberapa minggu lalu," katanya.

Diberi nama dari pertempuran Badr 1.400 tahun yang lalu, ketika Rasulullah Muhammad SAW diduga mengalahkan musuh-musuhnya hanya dengan 313 tentara, unit Taliban ini dapat berjumlah hingga beberapa ribu orang, kata para ahli.

Jumlah peralatan yang mereka miliki tidak jelas, tetapi beberapa gambar daring menunjukkan sejumlah petempur Taliban yang gembira berpose dengan Humvee lapis baja jarahan, termasuk pesawat dan senjata yang ditinggalkan oleh tentara nasional Afghanistan yang dipersenjatai AS.

Para ahli mengatakan peralatan paling canggih, terutama helikopter, akan sulit dioperasikan dan hampir tidak mungkin dirawat.

“Tentu saja ada aroma propaganda, tetapi kami melihat selama serangan terakhir sejak Mei, pasukan khusus Taliban sangat penting dalam mengambil alih Afghanistan,” kata Bill Roggio, redaktur pelaksana Long War Journal yang berbasis di AS.

"Ketika mereka mulai menyerbu pasukan Afghanistan, mereka secara progresif mengintegrasikan pasokan Barat. Jadi, saat ini pada dasarnya, Amerika Serikat sama saja dengan mempersenjatai tentara Taliban," tambahnya.



Sumber : France24/AFP

BERITA LAINNYA



Close Ads x