Kompas TV video sinau

Kenapa ada Banyak Jenis Soto di Indonesia

Kompas.tv - 25 Agustus 2021, 15:22 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Soto adalah menu makanan yang bisa kita temukan hampir di seluruh Indonesia. Makanan berkuah ini kerap jadi andalan untuk sarapan. Penyajianya yang cepat menjadi alasan kenapa soto cocok jadi menu untuk sarapan yang bersahabat. Selain itu di dalam semangkuk soto sudah lengkap dengan nasi, atau bisa dengan nasi pisah sesuai permintaan, disediakan pula lauk tambahan berupa tempe,perkedel atau jenis sate-satean.

Setiap daerah di Indonesia memiliki soto khas nya masing-masing. Sebut saja, soto betawi,soto kudus, soto banjar, soto lamongan, dan beragam jenis soto lainnya. Selera lidah orang berbeda di tiap daerah asalnya. Maka soto diracik dengan bahan yang berbeda. Misalnya saja soto betawi yang dicampur dengan susu, kemudian ada soto lamongan dengan koya yang menjadi penguat rasa. Rempah yang digunakan juga berbeda, Beberapa rempah juga kadang hanya ada di daerah tertentu sehingga membuat perbedaan citarasa soto.

Kendati demikian semua perbedaan itu disatukan dengan isi soto yang berupa potongan daging atau suiran daging. Meski beda rasa dan bentuk dari yang  kental hingga bening, soto di Indonesia rata-rata terdiri dari bahan  utama yaitu irisan atau suiran daging. Irisan daging atau suiran selalu jadi ciri khas soto daerah manapun.

Baca Juga: Berbagi 1.000 Paket Nasi Soto Gratis ke Warga Isoman dan Tenaga Kesehatan

https://www.kompas.tv/article/195596/berbagi-1-000-paket-nasi-soto-gratis-ke-warga-isoman-dan-tenaga-kesehatan 

Grafis: Agus Eko Apriyanto

 

 



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x