Kompas TV nasional update corona

Menkes: 34 Persen Tenaga Kesehatan Sudah Disuntik Vaksin Booster

Kompas.tv - 25 Agustus 2021, 15:14 WIB
menkes-34-persen-tenaga-kesehatan-sudah-disuntik-vaksin-booster
Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin. (Sumber: Dok. BNPB)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, mengatakan sampai hari ini, Rabu (25/8/2021), sebanyak 34 persen tenaga kesehatan atau nakes sudah mendapatkan suntikan vaksin booster atau vaksin Covid-19 dosis ketiga. 

Jumlah tersebut sama dengan setidaknya 450.000 tenaga kesehatan yang sudah disuntik vaksin booster dalam dua minggu terakhir. 

"Sampai hari ini cukup cepat, dalam dua minggu terakhir, mengenai suntikan para tenaga kesehatan, sudah kurang lebih 34 persen sumber daya kesehatan atau hampir 450.000 nakes," kata Budi pada rapat bersama dengan Komisi IX DPR, Rabu.

Budi mengatakan, per pagi tadi para nakes yang disuntik vaksin dosis ketiga menunjukkan antusiasme yang tinggi. 

Baca Juga: Menkes: Vaksin Covid-19 Johnson and Johnson Tiba di Indonesia Bulan Depan

Sebelumnya, Budi menuturkan, tenaga kesehatan belum sepenuhnya menerima saat pertama kali dilakukan vaksinasi dosis ketiga karena khawatir akan dampak penyuntikan dosis ketika dengan menggunakan platform yang berbeda.

"Pada saat pertama kali kita belum bisa menerima penuh dari para tenaga kesehatan karena takut ada dampak karena (vaksin) yang mixing (jenis berbeda), sekarang penerimaannya sudah jauh lebih tinggi," kata Budi. 

Dikatakannya, bagi para tenaga kesehatan yang tidak merasa nyaman dengan suntikan ketiga menggunakan platform lain yakni vaksin Moderna, maka Kementerian Kesehatan membuka opsi untuk vaksinasi menggunakan platform yang sama dengan suntikan dosis 1 dan 2.

"Para tenaga kesehatan yang suntik ketiganya tidak nyaman dengan platform berbeda kita buka opsi suntik ketiga boosternya dengan platform yang sama," kata Budi. 

Baca Juga: Heboh Banyak Pejabat Sudah Disuntik Booster Vaksin, Melanggar Aturan Kemenkes?

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.