Kompas TV video cerita indonesia

Inovatif! PMI Jateng Buat Eco Enzyme dari Limbah Organik

Kompas.tv - 24 Agustus 2021, 21:31 WIB
Penulis : Herwanto

SEMARANG, KOMPAS.TV - Dengan manfaatkan limbah buah dan sayur, PMI Jateng membuat eco-enzyme. Eco-enzyme yang dihasilkan dari bahan organik ini dinilai lebih baik dan lebih aman jika dibandingkan dengan berbahan kimia. Limbah buah dan sayur-sayuran ini dimanfaatkan oleh PMI Jateng untuk membuat eco-enzyme.

Eco-enzyme banyak bermanfaat sebagai pengganti bahan kimia yang terdapat dalam cairan pembersih serbaguna, seperti hand sanitizer, sabun, detergen, pengharum ruangan, serta dapat digunakan sebagai detoksifikasi racun pada tubuh, obat luka bakar dan pembasmi hama. Proses pembuatan terbilang sederhana dan mudah.

Pertama-tama mengumpulkan bahan organik dari limbah buah-buahan dan sayuran. Selanjutnya, limbah sayur dan buah tersebut dipilah-pilah, untuk memisahkan mana yang bisa digunakan, serta mana yang busuk dan harus dibuang.

Limbah buah dan sayur yang sudah dipilih, lalu dicuci hingga bersih. Selain itu juga perlu disiapkan air gula merah atau gula jawa, dengan komposisi, ukuran air gula 10 persen dari berat air. Selanjutnya, limbah buah dan sayur yang sudah dicuci bersih kemudian dicampur dengan air gula, dalam sebuah wadah dan ditutup rapat.

Setelah ditutup rapat, pada minggu kedua, penutup wadah dibuka dengan maksud untuk membuang gas dari dalam. Eco-enzyme baru bisa digunakan setelah tiga bulan kemudian. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x