Kompas TV olahraga kompas sport

Hindari Taliban, Pemain Timnas Sepak Bola Putri Afghanistan Berhasil Dievakuasi

Kompas.tv - 24 Agustus 2021, 18:42 WIB
hindari-taliban-pemain-timnas-sepak-bola-putri-afghanistan-berhasil-dievakuasi
Masyarakat Afghanistan di luar Bandara Kabul, bercampur antara yang ingin masuk bandara untuk keluar dari Afghanistan dan yang melintas. (Sumber: Straits Times/New York Times)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

KABUL, KOMPAS.TV - Para pemain timnas sepak bola putri Afghanistan akhirnya bisa bernafas lega setelah bebas dari kekuasaan Taliban.

Mereka dilaporkan telah meninggalkan Kabul dengan menumpang pesawat evakuasi milik Australia bersama 75 orang lainnya, Selasa (24/8/2021).

Atas keberhasilan evakuasi tersebut, Asosiasi Pemain Sepak Bola Profesional (FIFPRO) mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Australia yang membantu proses evakuasi di Afghanistan.

"Para wanita muda ini, baik sebagai atlet dan aktivis, berada dalam posisi berbahaya dan atas nama rekan-rekan mereka di seluruh dunia, kami berterima kasih kepada komunitas internasional karena telah datang membantu mereka," kata FIFPRO dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Associated Press.

Mundur ke belakang ketika Taliban menguasai Afghanistan pada 1996-2001, banyak kegiatan olahraga dan rekreasi termasuk sepak bola dilarang untuk semua warga negara di sana.

Sementara perempuan bahkan dilarang meninggalkan rumah tanpa ditemani kerabat laki-laki dan sering menjadi sasaran serangan seksual yang mengerikan.

Baca Juga: Taliban Ancam Amerika dan Inggris Jika Militernya Tak Hengkang dari Afghanistan

Setelah kekuasaan Taliban runtuh dan diganti dengan pemerintahan baru yang didukung Amerika Serikat, olahraga kembali bergeliat di Afghanistan.

Salah satu olahraga yang paling digandrungi rakyat Afghanistan adalah sepak bola. 

Setelah memiliki timnas putra, timnas sepak bola putri Afghanistan juga dibentuk pada tahun 2007 lalu.

Sepak bola pun kemudian sangat populer di Afghanistan dengan munculnya bintang-bintang nasional putra dan putri dan sering disiarkan di TV.



Sumber : AP/Daily Mail

BERITA LAINNYA



Close Ads x