Kompas TV nasional politik

Ini Pembahasan yang Disepakati PDIP dan Gerindra

Kompas.tv - 24 Agustus 2021, 17:03 WIB
ini-pembahasan-yang-disepakati-pdip-dan-gerindra
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menerima kunjungan elite Partai Gerindra di Kantor DPP PDIP. (Sumber: Dokumen DPP PDIP. )
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS TV - Jajaran pengurus DPP PDIP dan Gerindra menggelar pertemuan tertutup di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Selasa (24/8/2021). Dalam agenda itu menghasilkan sejumlah kesepakatan yang disetujui oleh kedua partai politik tersebut. 

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan, salah satu kesepakatannya adalah membantu pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19.

Sebab tak dapat dipungkiri dalam melawan virus corona itu dibutuhkan sebuah kerja sama dari seluruh pihak agar Indonesia bisa menang dari bencana non alam tersebut.

"Tadi kami banyak membahas bagaimana dukungan tersebut dapat diimplementasikan melalui gotong royong nasional untuk membantu seluruh rakyat Indonesia di dalam mengatasi pandemi Covid tersebut," kata Hasto. 

Baca Juga: Terima Gerindra di Kantor DPP PDIP, Hasto Kenang Momentum Kecurangan Pemilu 2009

Selanjutnya, PDIP dan Gerindra sepakat mendorong kerja sama ideologi. Di dalam pertemuan, pihak Gerindra menyampaikan pesan dari Prabowo Subianto yang menekankan PDIP merupakan saudara seperjuangan. 

"Maka kita saling belajar satu sama lain bagaimana perubahan dinamika lingkungan strategis, kita bahas bersama-sama. Dan akhirnya disepakati bagaimana kedua partai membangun kerja sama menjadi benteng ideologi bagi Pancasila, bagi UUD 1945, bagi NKRI, dan kebhinekaan Indonesia," ujarnya. 

Sementara itu, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani menyatakan, pihaknya akan bersedia mendukung dan membantu pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. 

"Pandemi Covid-19 ini bukan sebuah penyakit biasa, tetapi telah membawa ke banyak persoalan yang pelik yang kompleks. Karena itu dukungan kepada pemerintah sebesar-besarnya harus kita berikan," kata Muzani. 

Wakil Ketua MPR itu menyebut, dukungan dari partai politik dalam penanganan pandemi menjadi sangat diperlukan. Sehingga pemerintah jadi lebih percaya diri dalam melaksanakan tugasnya menangani pandemi. 

"Penanganan itu terdiri dari berbagai macam dan kami merasa apa yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanganan Covid ini sudah cukup benar. Sudah dalam track yang benar. Karena itu dukungan harus terus diberikan kepada pemerintah," kata dia. 

Baca Juga: Gerindra dan PDIP Satu Suara Terkait Rencana Amandemen UUD 1945

Terkait kerja sama ideologi, lanjut dia, kedua partai sepakat untuk menjadi kekuatan menjaga Pancasila sebagai benteng ideologi negara. Oleh sebab itu, PDIP dan Gerindra akan bekerja memupuk penguatan negara, persatuan, dan kebhinekaan sebagai kekuatan rakyat dalam berbangsa dan bernegara. 

"Keduanya sepakat bahwa akhirnya kita terus mendorong agar partai ini terus bekerja sama, baik di DPR maupun MPR, untuk melakukan hal-hal demi kebaikan bangsa dan negara," kata dia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x