Kompas TV nasional berita utama

Jokowi Berharap Tol Balikpapan-Samarinda akan Menciptakan Pertumbuhan Ekonomi Baru di Kalimantan

Kompas.tv - 24 Agustus 2021, 16:49 WIB
jokowi-berharap-tol-balikpapan-samarinda-akan-menciptakan-pertumbuhan-ekonomi-baru-di-kalimantan
Presiden Jokowi memberikan pernyataannya untuk Global Health Summit, Jumat (21/5/2021). (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo berharap tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 97,3 kilometer akan menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di Kalimantan.

Hal tersebut disampaikannya saat meresmikan tol Balikpapan-Samarinda, Selasa (24/8/2021).

“Kita harapkan dengan adanya jalan tol ini akan menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru dan juga perbaikan jaringan logistik kita akan lebih baik, lebih efisien, dan lebih cepat,” ujarnya.

“Sehingga memperbaiki jaringan logistik kita, akan memperbaiki daya saing kita, utamanya komoditas-komoditas yang diproduksi di Provinsi Kalimantan Timur.”

Tak hanya itu, Presiden Jokowi berharap dengan adanya ruas tol Balikpapan-Samarinda akan bisa mempermudah akses dan menurunkan biaya logistik.

Baca Juga: Resmikan Tol Balikpapan-Samarinda, Jokowi Buktikan Pembangunan Infrastruktur Merata di Indonesia

“Sehingga akses semakin lancar dan bisa menurunkan biaya logistik dan tentu saja produk-produk ekspor dari provinsi ini akan memiliki daya saing yang tinggi sehingga menjadikan ekonomi di Provinsi Kalimantan Timur semakin efisien dan semakin kompetitif,” katanya.

Dalam pernyataannya, Presiden Jokowi menuturkan peresmian ruas tol Balikpapan-Samarinda merupakan sejarah sekaligus pembuktian. Bahwasanya, pembangunan infrastruktur di pemerintahannya tidak hanya terkonsentrasi di Jawa dan Sumatera.

“Alhamdulillah telah selesai seluruh ruas jalan tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 97,3 kilometer, telah tuntas diselesaikan, telah tuntas dikerjakan, Ini juga menjadi momen bersejarah karena tol Balikpapan-Samarinda merupakan jalan tol pertama di Pulau Kalimantan,” kata Presiden Jokowi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Tol Pertama di Kalimantan: Ini Momen Bersejarah

“Ini capaian yang patut kita syukuri, karena pembangunan infrastruktur itu tidak hanya terpusat di Pulau Jawa saja atau di pulau Sumatera tapi juga merata ke pulau-pulau yang lain.”

Sebagai informasi Tol Balikpapan-Samarinda memiliki total panjang 97,3 km dan terbagi menjadi lima seksi yaitu Seksi 5 ruas Balikpapan (Km 13)-Sepinggan (11,09 km), Seksi 1 ruas Balikpapan (Km 13)-Samboja (22,03 km), Seksi 2 ruas Samboja-Muara Jawa (30,98 km), Seksi 3 Muara Jawa-Palaran 17,30 km) dan Seksi 4 Palaran-Samarinda (16,59 km).

Selain itu, tol Balikpapan-Samarinda memiliki empat gerbang tol, yakni Gerbang Tol (GT) Manggar, GT Karang Joang, GT Samboja, dan GT Palaran.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x