Kompas TV nasional berita utama

Presiden Jokowi Resmikan Tol Pertama di Kalimantan: Ini Momen Bersejarah

Kompas.tv - 24 Agustus 2021, 16:20 WIB
presiden-jokowi-resmikan-tol-pertama-di-kalimantan-ini-momen-bersejarah
Presiden RI Joko Widodo (Sumber: Dok. Sekretariat Kabinet RI)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto
: Tangkapan Layar Youtube Setpres)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo meresmikan ruas Tol Balikpapan-Samarinda Seksi Balikpapan - Samboja di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Selasa (24/8/2021). 

Jokowi menuturkan ruas jalan tol tersebut memiliki panjang 97,3 km. 

"Sore hari ini telah selesai seluruh ruas jalan tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 97,3 km telah tuntas diselesaikan, tuntas dikerjakan," kata Jokowi seperti yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa siang. 

Kepala Negara mengungkapkan persemian tol Balikpapan-Samarinda menjadi momen bersejarah, mengingat ini merupakan yang pertama di Pulau Kalimantan. 

"Ini menjadi momen bersejarah karena tol Balikpapan-Samarinda merupakan jalan tol pertama di Pulau Kalimantan. Ini capaian yang patut kita syukuri," tegas Jokowi. 

Presiden RI menginginkan pembangunan infrastruktur tidak hanya terpusat di pulau Jawa atau Sumatera, tapi merata di pulau-pulau lainnya.

Baca Juga: Jokowi dan Prabowo Tinjau Vaksinasi Covid-19 Pelajar di Samarinda

Jokowi berharap keberadaan jalan tol ini akan menciptakan titik ekonomi baru serta memperbaiki jaringan logistik di Kalimantan Timur. 

"Kita harapkan dengan adanya jalan tol ini akan menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru dan juga perbaikan jaringan logistik kita akan lebih baik, lebih efisien, dan lebih cepat," ungkap Jokowi.

"Sehingga akan memperbaiki jaringan logistik kita, akan memperbaiki daya saing kita utamanya komoditas-komoditas yang diproduksi di Provinsi Kalimantan Timur," kata dia. 

Akses baru ini diharapkan bisa meningkatkan ekspor komoditas di Kalimantan Timur karena ongkos logistik yang lebih murah.

"Tentu saja produk ekspor dari provinsi ini akan lebih punya daya saing yang tinggi, sehingga ekonomi di Kalimantan Timur semakin efisien dan efektif," kata dia.

Baca Juga: Saat Jokowi Resmikan Tol Balsam Hari Ini, Warga Kukar Dilarang Demo Tuntut Ganti Rugi



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x