Kompas TV nasional berita utama

Resmikan Tol Balikpapan-Samarinda, Jokowi Buktikan Pembangunan Infrastruktur Merata di Indonesia

Kompas.tv - 24 Agustus 2021, 16:16 WIB
resmikan-tol-balikpapan-samarinda-jokowi-buktikan-pembangunan-infrastruktur-merata-di-indonesia
Presiden Jokowi saat memberi arahan dalam pelantikan Purnapaskibraka menjadi Duta Pancasila di Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu (18/8/2021). (Sumber: Youtube/Sekretariat Presiden)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo membuktikan pembangunan infrastruktur di pemerintahannya tidak hanya terkonsentrasi di Jawa dan Sumatera. Satu di antaranya adalah dengan ruas tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 97,3 kilometer yang baru saja diresmikan.

Demikian Presiden Jokowi menyatakan saat peresmian tol Balikpapan Samarinda sepanjang 97,3 kilometer di Kalimantan, Selasa (24/8/2021).

“Alhamdulillah telah selesai seluruh ruas jalan tol Balikpapan Samarinda sepanjang 97,3 kilometer, telah tuntas diselesaikan, telah tuntas dikerjakan, Ini juga menjadi momen bersejarah karena tol Balikpapan-Samarinda merupakan jalan tol pertama di Pulau Kalimantan,” kata Presiden Jokowi.

“Ini capaian yang patut kita syukuri, karena kita ini pembangunan infrastruktur itu tidak hanya terpusat di Pulau Jawa saja atau di pulau Sumatera tapi juga merata ke pulau-pulau yang lain.”

Baca Juga: Saat Jokowi Resmikan Tol Balsam Hari Ini, Warga Kukar Dilarang Demo Tuntut Ganti Rugi

Presiden Jokowi berharap, dengan diresmikannya ruas tol Balikpapan-Samarinda titik-titik pertumbuhan ekonomi baru bisa tercipta.

“Kita harapkan dengan adanya jalan tol ini akan menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru dan juga perbaikan jaringan logistik kita akan lebih baik, lebih efisien, dan lebih cepat,” ujarnya.

“Sehingga memperbaiki jaringan logistik kita, akan memperbaiki daya saing kita, utamanya komoditas-komoditas yang diproduksi di Provinsi Kalimantan Timur.”

Tak hanya itu, Presiden Jokowi berharap dengan adanya ruas tol Balikpapan-Samarinda bisa mempermudah akses dan menurunkan biaya logistik.

Baca Juga: Jokowi Ingin Pendanaan BUMN-Swasta Diperluas untuk Proyek Tol yang Direncanakan

“Sehingga akses semakin lancar dan bisa menurunkan biaya logistik dan tentu saja produk produk ekspor dari provinsi ini akan memiliki daya saing yang tinggi sehingga menjadikan ekonomi di Provinsi Kalimantan Timur semakin efisien dan semakin kompetitif,” katanya.

Sebagai informasi Tol Balikpapan-Samarinda memiliki total panjang 97,3 km dan terbagi menjadi lima seksi. Yaitu Seksi lima ruas Balikpapan (Km 13)-Sepinggan (11,09 km), Seksi 1 ruas Balikpapan (Km 13)-Samboja (22,03 km), Seksi 2 ruas Samboja-Muara Jawa (30,98 km), Seksi III Muara Jawa-Palaran 17,30 km) dan Seksi IV Palaran-Samarinda (16,59 km).

Selain itu, Tol Balikpapan-Samarinda memiliki empat gerbang tol, yakni Gerbang Tol (GT) Manggar, GT Karang Joang, GT Samboja, dan GT Palaran.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.