Kompas TV internasional kompas dunia

Taliban Ancam Amerika dan Inggris Jika Militernya Tak Hengkang dari Afghanistan

Kompas.tv - 24 Agustus 2021, 13:32 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

KABUL, KOMPAS.TV – Taliban memperingatan Amerika Serikat dan sekutunya untuk menarik pasukan tentara militer sebelum 31 Agustus 2021 dari Bandara Kabul, Afghanistan.

AS dan kelompok negara-negara maju G-7 sebenarnya tengah berkompromi untuk memperpanjang keberadaan tentara militer mereka di Bandara Kabul agar bisa melakukan evakuasi warga Afghanistan yang ingin pergi.

Namun, Juru Bicara Taliban menegaskan tak mau memperpanjang keberadaan militer asing.

“Mereka telah setuju untuk menarik semua pasukan mereka pada 1 Mei, tetapi mereka melanggar batas waktu itu. Sekarang mereka telah mengumumkan bahwa mereka akan menarik semua pasukan mereka pada 31 Agustus,” kata Suhail Shaheen Juru Bicara Taliban dilansir dari APTN (24/8/2021).

Baca Juga: Khawatir Ancaman ISIS, Joe Biden Kirim 18 Pesawat Angkut Pengungsi Afghanistan

Suhail Shaheen juga mengingatkan jika melanggar akan menjadi pelanggaran yang jelas dan akan ada konsekuensi.

“Mereka harus mematuhi pengumuman mereka. Jika mereka melanggar, itu akan menjadi pelanggaran yang jelas. Dalam hal ini, terserah pada kepemimpinan kita untuk memutuskan bagaimana melanjutkan dan apa yang harus dilakukan,” kata Suhail.

Video Editor: Lisa Nurjannah



Sumber : Kompas TV, APTN

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.