Kompas TV nasional peristiwa

37 Negara Ikuti Forum IMSS 2021, KSAL: Jaga Keamanan Laut!

Kompas.tv - 24 Agustus 2021, 10:02 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono membuka forum Internasional Maritime Security Symposium ke-4 tahun 2021 di Seskoal Bumi Cipulir, Jakarta Selatan pada 23 Agustus 2021.

Dalam sambutannya, ia menegaskan forum ini merupakan sarana memperluas kerja sama dalam menjaga stabilitas dan keamanan laut.

“Dalam perspektif saya, kerjasama merupakan elemen kunci paling memungkinkan dalam meningkatkan dan mengembangkan kapasitas dan kapabilitas dari tiap bangsa dalam menghadapi permasalahan yang muncul dengan jalan saling melengkapi”, ungkap Kasal.

Baca Juga: Yel-yel Marinir Hantu Laut Sambut KSAL Laksamana TNI Yudo Margono di Puslatpurmar Situbondo

Forum ini juga bertujuan mengeksplorasi perkembangan trend tantangan ketertiban dan keamanan laut, serta untuk membangun kerangka kerja sama keamanan maritim multilateral yang efektif, sehingga dapat diperoleh suatu konsep upaya mewujudkan ketertiban dan keamanan di laut.

Pada IMSS 2021 yang merupakan agenda tahunan ini mengusung tema "Internasional Maritime Security Cooperation for Security, Peace and Prosperity," dan dihadiri 27 Atase Pertahanan (Athan) perwakilan Angkatan Laut dari 37 negara dan sisanya melalui video conference termasuk 22 Kepala Staf Angkatan Laut negara sahabat.

Ke-37 negara tersebut adalah  Australia, Bangladesh, Brazil, Brunei, Kamboja, Kanada, China, Perancis, Jerman, India, Indonesia, Iran, Italia, Jepang, Laos, Malaysia, Meksiko, Mozambique, Myanmar, Belanda, Selandia Baru, Pakistan, Peru, Filipina, Rusia, Singapura, Korea Selatan, Spanyol, Sri Lanka, Swedia, Thailand, Timor Leste, Turkey, Uni Emirat Arab, United Kingdom, Amerika Serikat dan Vietnam.

Video Editor: Lisa Nurjannah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x