Kompas TV regional berita daerah

Kerusakan Alat, RSUD Kabupaten Sorong Hentikan Pemeriksaan Tes PCR

Kompas.tv - 24 Agustus 2021, 07:37 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Rumah sakit umum daerah Jhonpit Wanane Kabupaten Sorong, sementara waktu memberhentikan pemeriksaan tes PCR, karena kerusakan alat. Untuk mengetahui gejala pasien positif Covid 19, pihak rumah sakit hanya melakukan pemeriksaan tes antigen.

Kerusakan alat tes PCR sudah terjadi semenjak 10 Agustus lalu, yang hingga saat masih dalam proses perbaikan. Pihak rumah sakit sementara memberlakukan pemeriksaan Covid 19 menggunakan tes antigen.

Kerusakan alat tes PCR ini terjadi karena meningkatnya jumlah sampel yang diperiksa dari kota dan kabupaten tetangga di Sorong. Yang mana perharinya pemeriksaan sampel bisa mencapai ratusan. Sedangkan kapasitas alat yang ada terbatas, hal inilah yang menyebabkan terjadinya kerusakan alat pemeriksaan tes PCR.

Untuk saat ini RSUD Jhonpit Wanane memiliki 2 alat pemeriksaan, namun hanya satu alat yang dapat dipergunakan untuk pemeriksaan Covid-19, sedangkan satu alat lagi difungsikan untuk pemeriksaan TBC.

Hingga saat ini pihak rumah sakit belum memastikan, kapan alat tes PCR Covid-19 ini dapat kembali normal. Untuk kebutuhan mendesak pemeriksaan PCR akan dilakukan di rumah sakit swasta yang ada di kota Sorong.

#SorongPapuaBarat #TesPCRDihentikan #Covid19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x