Kompas TV nasional politik

Anies dan Riza Klaim Jakarta Zona Hijau, tapi Data Satgas Covid-19 Masih Zona Oranye

Kompas.tv - 23 Agustus 2021, 22:02 WIB
anies-dan-riza-klaim-jakarta-zona-hijau-tapi-data-satgas-covid-19-masih-zona-oranye
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat meninjau vaksinasi Covid-19 di Balai Kota, Rabu (30/6/2021). Anies mengklaim DKI Jakarta sudah masuk zona hijau Covid-19. (Sumber: Dok. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria mengklaim wilayah mereka telah masuk dalam zona hijau penularan Covid-19. Namun, hal ini berbeda dari data Satgas Covid-19 nasional.

"Alhamdulillah Jakarta sudah masuk zona hijau dan sudah memenuhi herd immunity (kekebalan kelompok)," ujar Riza dalam rekaman suara Minggu (22/8/2021).

Anies menambahkan dengan menyebut status Jakarta sebagai daerah PPKM level 3 karena mesti menopang penanganan Covid-19 di daerah-daerah sekitarnya.

"Yang dipertimbangkan pemerintah pusat adalah karena tetangga kanan-kiri (Bodetabek) masih belum 100 persen terkendali, maka bila ada perubahan di Jakarta, dikhawatirkan terjadi lonjakan kembali," kata Anies dalam diskusi virtual yang tersiar di Youtube Gelora TV, Minggu.

Baca Juga: Kabar Gembira, Jokowi Umumkan Jabodetabek, Bandung, hingga Surabaya Raya Jadi PPKM Level 3

Namun, berdasarkan peta risiko Satgas Covid-19 dalam situs covid19.go.id, DKI Jakarta belum berstatus zona hijau.

Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Jakarta Utara masih berstatus zona oranye atau berisiko sedang.

Hanya Kepulauan Seribu yang memiliki status zona kuning atau berisiko ringan.

DKI Jakarta juga masih menyandang status PPKM level 3, berdasarkan pengumuman terbaru Presiden Joko Widodo (Jokowi), bukan level 2.

Lebih jauh, angka kasus baru Covid-19 DKI Jakarta masih relatif banyak. DKI Jakarta masih berada di peringkat ketujuh daftar provinsi dengan kasus baru terbanyak.

Pada 23 Agustus 2021, DKI Jakarta mencatatkan 485 kasus Covid-19, hanya selisih sedikit dari peringkat keenam, yaitu Kalimantan Timur dengan 487 kasus.

Pasien sembuh di DKI Jakarta memang berjumlah lebih banyak dari kasus baru Covid-19. Namun, tingkat kesembuhan ini lebih rendah dari provinsi-provinsi lain di pulau Jawa.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x