Kompas TV olahraga kompas sport

Menpora Ungkap Alasan Kapolri Terbitkan Izin Pelaksanaan Liga 1

Kompas.tv - 23 Agustus 2021, 20:28 WIB
menpora-ungkap-alasan-kapolri-terbitkan-izin-pelaksanaan-liga-1
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. (Sumber: KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengungkapkan salah satu alasan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mau menerbitkan izin kompetisi Liga 1 2021-22 di tengah pandemi.

Ia menyebut Mabes Polri mau menerbitkan izin karena Kementerian Pemuda dan Olahraga siap menjamin dan memantau pelaksanaan kompetisi. 

"Kami berkesimpulan Polri dapat memberikan izin keramaian tapi dengan persyaratan yang ketat serta penerapan prokes (protokol kesehatan) secara disiplin," kata Zainudin Amali. 

"Menpora meyakinkan Kapolri akan bersama-sama mengawasi dan mengawal pelaksanaan Liga 1 dan Liga 2 ini. Itu yang mendasari pihak Mabes Polri menerbitkan izin keramaian," imbuhnya.

Dalam konferensi pers yang digelar pada Senin (23/8/2021) sore, Kapolri dan Menpora memastikan kompetisi Liga 1 sepakbola musim 2021-22 akan dapat digelar mulai 27 Agustus.

"Menyangkut permohonan Ketum (Ketua Umum) PSSI, klub beserta rekomendasi dari rekan-rekan, kita telah melangsungkan evaluasi. Situasi penurunan kasus di beberapa wilayah yang kemudian melonggarkan berdasarkan penilaian Kemenkes (Kementerian Kesehatan)," sebut Listyo Sigit.

Baca Juga: Liga 1 dan 2 Bergulir Lagi, Menpora: Masyarakat Butuh Tontonan

"Salah satunya adalah melonggarkan kegiatan olahraga, tentu dengan pelbagai macam pembatasan." 

"Maka dari itu, berdasar penilaian tersebut dan juga dari evaluasi PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), maka kami sepakat untuk berikan perizinan penyelenggaraan Liga 1 maupun Liga 2," imbuh Listyo Sigit.

Menpora mengingatkan agar seluruh elemen terkait berkomitmen mematuhi peraturan yang ditetapkan termasuk kewajiban untuk vaksinasi Covid-19.

Seluruh skuad dari klub dan ofisial pertandingan yang akan melakoni laga, diwajibkan sudah menerima dua dosis vaksin Covid-19. 

"Untuk itu, dibutuhkan komitmen semua pihak, baik itu PSSI, LIB, pemilik klub, pemain, suporter, dan semua pihak yang terlibat untuk mematui aturan yang ada," ujar Zainudin Amali. 

Baca Juga: Liga 1 dan 2 Bergulir, Protokol Kesehatan Bakal Ketat

Kendati sudah mendapatkan izin, jadwal Liga 1 2021-22 belum dirilis. 

LIB selaku operator kompetisi mengaku sudah menyusun jadwal Liga 1 2021-22 seri pertama dan berencana akan merilisnya pada Selasa (24/8).

Seri pertama bakal dilangsungkan di Banten, Jawa Barat, serta Jakarta. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x