Kompas TV nasional sosial

Bandara Soekarno-Hatta Kini Punya Ambulans Terbang untuk Evakuasi Pasien ke RS di Jabodetabek

Kompas.tv - 23 Agustus 2021, 12:52 WIB
bandara-soekarno-hatta-kini-punya-ambulans-terbang-untuk-evakuasi-pasien-ke-rs-di-jabodetabek
Bandara Soekarno-Hatta luncurkan ambulans terbang yang evakuasi pasien ke RS di Jabodetabek (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, kini memiliki layanan ambulans terbang menggunakan helikopter untuk evakuasi medis (medical evacuation/medevac) yang diluncurkan Agustus 2021. 

Layanan ambulans terbang ini merupakan hasil kerja sama dengan Whitesky Aviation dan dioperasikan oleh Whitesky Aviation di Cengkareng Heliport, Bandara Soekarno-Hatta.

President Director of PT Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin mengatakan ambulans terbang itu dapat mengantarkan pasien ke RS di Jabodetabek dari Cengkareng Heliport.

“Semangat dari medevac ini adalah menyediakan transportasi medis sangat cepat yang dilakukan dengan penerbangan helikopter, agar pasien dapat cepat mendapatkan penanganan lebih lengkap di rumah sakit yang ada di Jabodetabek," kata Awaluddin melalui keterangan tertulis, Senin (23/8/2021).

Awaluddin mengatakan, peluncuran helikopter medis guna melengkapi fasilitas dan layanan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta. 

Baca Juga: Pasukan Tentara Inggris dan Amerika Bersatu Amankan Bandara Kabul Afghanistan

Harapannya, ambulans terbang dapat mengakomodasi kebutuhan yang beragam, khususnya layanan medis. 

"Kami berharap medevac ini dapat bermanfaat bagi khususnya terkait aspek medis," ucapnya.

Layanan helikopter medevac dapat digunakan oleh penumpang pesawat yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta dan membutuhkan penanganan medis di RS serta dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum.

Awaluddin menjelaskan, ambulans juga dapat digunakan untuk memindahkan pasien dari satu RS ke RS lainnya.

CEO Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja mengatakan, ada dua tipe helikopter yang tersedia untuk layanan ambulans terbang, yakni Bell 505 dan Bell 429. Keduanya dilengkapi tenaga dan peralatan medis.

"Dua helikopter ini juga dilengkapi tim medis dan perlengkapannya sesuai kebutuhan guna memastikan penanganan terbaik selama pasien diantarkan menuju RS," kata Denon. 

Baca Juga: Helikopter Jatuh dan Tenggelam di Danau Kurile di Kamchatka Rusia, 8 Tewas

Selain itu, Whitesky Aviation juga memiliki Heliport Emergency Unit, sebuah fasilitas di area heliport untuk menangani pasien sebelum dievakuasi ke ambulans terbang.

Bagi warga yang membutuhkan layanan tersebut, dapat mengunjungi situs resmi mereka di www.whitesky.co.id.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.