Kompas TV nasional berita utama

Angka Kematian Covid-19 Masih Tinggi, Puan Maharani: Harus Jadi Evaluasi Pelaksanaan PPKM

Kompas.tv - 23 Agustus 2021, 11:53 WIB
angka-kematian-covid-19-masih-tinggi-puan-maharani-harus-jadi-evaluasi-pelaksanaan-ppkm
Ketua DPR RI, Puan Maharani (Sumber: dpr.go.id)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani meminta Pemerintah mengevaluasi pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Berdasarkan data, meskipun angka kasus penularan Covid-19 mengalami penurunan tetapi angka kematian masih sangat tinggi.

“Pemerintah harus bisa menekan kasus kematian akibat Covid-19 yang masih tinggi. Ini harus jadi bahan evaluasi pelaksanaan PPKM,” kata Puan Maharani seperti dikutip dari Antara, Senin (23/8/2021).

Dalam keterangannya, Puan mengatakan tidak memungkiri jika penerapan PPKM yang diberlakukan pemerintah mampu menekan kasus aktif penularan Covid-19. Tetapi, lanjutnya, tingginya angka kematian sepatutnya juga menjadi respons cermat pemerintah dalam penanganan Covid-19.

Baca Juga: Jubir Luhut: Sedang Dilakukan Perapian Data Covid-19, Angka Kematian Tak Dipakai Sementara

“Setelah PPKM diperpanjang, memang terlihat adanya tren penurunan penambahan kasus Covid-19, namun harus menjadi perhatian bersama soal indikator angka kematian yang sampai sekarang masih cukup tinggi,” ujarnya.

Tidak hanya kepada pemerintah pusat, Puan juga berharap pemerintah daerah mampu bekerja sama untuk menekan angka kasus kematian Covid-19 yang masih tinggi. Salah satunya, kata Puan, harus hati-hati jika ingin melakukan pelonggaran pembatasan kegiatan masyarakat.

Data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Sabtu (21/8/2021), kata sambung Puan, setidaknya ada 10 provinsi dengan tingkat kematian tertinggi.

Antara lain Lampung, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Aceh, Gorontalo, Kalimantan Timur, DI Yogyakarta (DIY), Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Tengah.

Dari Kemenkes ini, Puan berharap pemerintah meningkatkan fasilitas kesehatan di daerah-daerah tersebut secara maksimal.

Baca Juga: Masalah Data Covid-19, Angka Kematian Menumpuk Lebih dari 21 Hari di Sistem Pencatatan Kemenkes

“Optimalisasi penanganan pasien Covid-19 di rumah sakit mutlak dilakukan, dan sebisa mungkin untuk daerah-daerah dengan tingkat kematian tinggi, maksimalkan pelayanan isolasi terpusat,” ujarnya.

“Dengan begitu pasien-pasien Covid-19 berada dalam pengawasan tim medis dan dapat segera ditolong jika kondisinya menurun.”

Selain mengkritisi angka kematian akibat Covid-19, Puan juga mencermati data satgas COVID-19 pada pekan lalu. Dalam data, masih ada 9 provinsi yang menunjukkan peningkatan kasus mingguan.

Seperti Jawa Tengah, Bali, Papua Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, Aceh, NTB, Maluku, dan Jambi.

“Jangan karena ingin mengejar target vaksinasi, kemudian indikator-indikator penanganan pandemi lainnya jadi kendor,” ujarnya.

“Pastikan semua berjalan bersamaan karena semuanya sama-sama penting untuk menyelamatkan rakyat dari badai Covid-19.”



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x