Kompas TV nasional berita utama

Presiden Jokowi Resmikan Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang Sepanjang 9,3 Kilometer

Kompas.tv - 23 Agustus 2021, 09:38 WIB
presiden-jokowi-resmikan-tol-kelapa-gading-pulo-gebang-sepanjang-9-3-kilometer
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Sumber: Youtube Kemensos.)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo meresmikan tol segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang, Jakarta,  sepanjang 9,3 kilometer. Ia berharap, tol segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Demikian Presiden Jokowi mengatakan dalam peresmian Jalan Tol Enam Ruas Jalan Tol dalam Kota Jakarta, Segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang, Senin (23/8/2021).

“Alhamdulillah pada pagi hari ini jalan tol Pulogebang-Kelapa Gading sepanjang 9,3 kilometer telah selesai dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” katanya.

Presiden Jokowi menyampaikan, tol segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang merupakan bagian melengkapi dari jalan tol Jabodetabek, lingkar dalam Jakarta, dan lingkar luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road.

Baca Juga: Tarif Sejumlah Ruas Tol Naik, Masyarakat Transportasi Indonesia: Wajar demi Pelayanan

“Kita harapkan dengan telah selesainya jalan tol Pulogebang Kelapa Gading sepanjang 9,3 kilometer ini kecepatan distribusi logistik akan semakin baik, daya saing, komoditas-komoditas kita juga semakin baik,” harap Presiden Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menambahkan tol segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang juga terkait dengan kawasan ekonomi khusus Marunda, termasuk terhubung dengan Pelabuhan Tanjung Priok.

Dengan konektivitas tersebut, Presiden Jokowi berharap tol segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang bisa memperkuat dan meningkatkan daya saing.

“Utamanya mobilitas orang di Jakarta akan semakin baik, mobilitas barang antara kota dan kota Jakarta dengan sekitarnya juga akan semakin baik,” katanya.

Diungkapkan Presiden Jokowi dalam peresmian tol segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang yang tidak kalah pentingnya adalah mode pembiayaan. Yaitu, memadukan anggaran pendanaan antara Kementerian dengan BUMN, Kementerian BUMN dengan swasta atau model KPPU.

Baca Juga: Dapat Penghargaan dari Presiden Jokowi, Ini Reaksi Para Personel God Bless

“Yang kita harapkan ini bisa di lakukan di jalan tol-jalan tol yang lain, yaitu memadukan anggaran bauran pendanaan,” ujarnya.

“Baik itu antara Kementerian dengan BUMN, Kementerian BUMN dengan swasta atau model KPPU. Sehingga akan mempercepat proyek-proyek jalan tol yang telah kita rencanakan.”

Selain itu, Presiden Jokowi juga berharap skema-skema pembiayaan seperti di tol segmen Kelapa Gading-Pulo Gebang bisa digunakan dalam pembangunan infrastruktur di pelosok seluruh provinsi di tanah air.

Sehingga, kata Presiden Jokowi, akan mampu mengatasi ketimpangan antar daerah Antar Provinsi dalam pembangunan infrastruktur.

“Dan kita harapkan akan mempercepat konektivitas nasional kita,” katanya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x