Kompas TV internasional kompas dunia

Melihat Mural di Afghanistan, Bentuk Perlawanan Kaum Perempuan

Kompas.tv - 23 Agustus 2021, 07:15 WIB
melihat-mural-di-afghanistan-bentuk-perlawanan-kaum-perempuan
Seniman mural Afghanistan Shamsia Hasani (Sumber: twitter shamsiahasani-)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Seni mural yang memanfaatkan tembok kota untuk berekspresi, juga berlaku di Afghanistan. Street arts di negara yang dikoyak perang ini lebih banyak didominasi oleh suara kaum perempuan.

Salah satu seniman mural di sana adalah Shamsia Hassani. Beberapa karyanya menghiasi kota Kabul. Mural dan grafiti karya Shamsia sangat kuat dengan dominis warna biru dan gelap, untuk menggambarkan kondisi perempuan yang ditekan ketakutan dan suara yang tidak dipedulikan.

Salah satu karya Shamsia menggambarkan sosok perempuan yang sedang bermain piano berhadapan dengan tentara Taliban. "Nightmare" judul karya itu dibuat pada 9 Agustus lalu saat Taliban mulai berkuasa.

Baca Juga: Tuntut Bentuk Federasi di Afghanistan, Lembah Panjshir Siap Lawan Taliban tapi Utamakan Perundingan

Ada lagi gambar perempuan yang sedang memegang pot dengan bunga dandelion di hadapan pasukan Taliban bersenjata. Perempuan itu terlihat berwajah sendu.  

Mural karya Shamsia Hasani (Sumber: twitter shamsiahasani-)

Membuat mural di Afghanistan jelas berisiko. Bukan saja berhadapan dengan kekuatan Taliban, tapi juga pandangan konservatif sebagian masyarakat Afghanistan. "Banyak yang masih berpikir bahwa dalam Islam seni tidak diperkenankan. Dan mereka berpikir untuk menghentikan saya," kata Shamsia kepada media DW, yang lokasi wawancaranya dirahasiakan.

Baca Juga: Tuntut Bentuk Federasi di Afghanistan, Lembah Panjshir Siap Lawan Taliban tapi Utamakan Perundingan

Tidak heran, saat membuat Mural, perempuan kelahiran 1988 ini harus sembunyi-sembunyi dan segera pergi bila gambar mural sudah selesai.

Mural karya Shamsia Hasani (Sumber: twitter shamsiahasani-)

Shamsia mengaku mengungkapkan gagasannya melalui mural untuk melawan sikap represif Taliban dan membuka mata para perempuan di Afghanistan. "Saya berharap bisa mengubah pandangan masyarakat melalui kartya seni," katanya  beberapa saat setelah Kabul jatuh ke tangan Taliban. 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x