Kompas TV nasional sapa indonesia

BNN Menjelaskan Kronologi Lengkap Kapal Sabu 1 Ton

Senin, 12 Februari 2018 | 12:40 WIB

Kepala Bagian Humas BNN Sulistiandriatmoko bercerita mengenai kronologi lengkap penangkapan kapal Singapura yang membawa 1,2 ton sabu di perbatasan Indonesia dan Singapura.

Kronologi ini dibahas di program Sapa Indonesia Pagi, Senin (12/2). Berikut selengkapnya:

Sejak September 2017, BNN mendapat informasi dari pesawat intai Australia bahwa ada kapal yang membawa narkotika. Namun, akhir 2017, kapal tersebut hilang dari intaian. Posisi kapal kembali diketahui pada 2 Desember 2017.

Informasi itu lalu diberikan  ke TNI AL untuk dilakukan pelacakan, karena BNN tak memiliki armada laut.

Tanggal 7 Februari 2018 ada kapal yang didapati di Selat Phillip, ditangkap kapal patroli. Kecurigaan awal, memasuki perairan Indonesia tapi masih ada bendera Singapura.

Dilakukan pemeriksaan, dokumen palsu. Beberapa dokumen administrasi ditandatangani pejabat tahun 2014, pejabat tersebut tidak sedang bertugas. Kapal ditarik ke Batu Ampar.

Tanggal 8 Februari 2018 dibawa ke Lanal Batam. Dari perjalanan dari Batu Ampar ke Lanal, tim gabungan BNN dan Bea Cukai dengan dilengkapi K – 9 melakukan pelacakan. Baru diketemukan, di bawah tumpukan beras ada karung sabu.

Setelah dibongkar, 41 karung diperkirakan total 1,2 ton sabu.

BNN berkesimpulan, modus seperti ini sudah sering dilakukan kapal – kapal asing.

Editor :



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:37
PT GARUDA INDONESIA AKHIRI KONTRAK 700 KARYAWAN AKIBAT TERDAMPAK PANDEMI COVID-19   10 PEGAWAI RSUD BATARA GURU BELOPA, KABUPATEN LUWU, SULSEL, TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19   KOMNAS PEREMPUAN MINTA BAWASLU TANGSEL TINDAK TEGAS PASLON YANG LECEHKAN RAHAYU SARASWATI DJOJOHADIKUSUMO   PETUGAS LAPAS KELAS B KUALA TUNGKAL, JAMBI, GAGALKAN PENYELUNDUPAN SABU DI DALAM PEMPEK KAPAL SELAM   RIBUAN WARGA BANGLADESH BERUNJUK RASA DI DHAKA SERUKAN BOIKOT PRODUK PERANCIS DAN ANTI-PERANCIS   POLDA JABAR KERAHKAN 14.000 POLISI UNTUK MENJAGA LIBUR CUTI BERSAMA AKHIR OKTOBER 2020   MENKO BIDANG PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO SEBUT IZIN PENGGUNAAN VAKSIN COVID-19 SINOVAC TETAP DARI BPOM   TERPIDANA BENNY TJOKRO AJUKAN BANDING KASUS JIWASRAYA YANG MEMUTUS HUKUMAN SEUMUR HIDUP UNTUK DIRINYA   POLDA METRO JAYA KERAHKAN 2.999 PERSONEL DI PUSAT PERBELANJAAN, TEMPAT WISATA, & TITIK KERAMAIAN SAAT LIBUR PANJANG   MENAKER MENILAI UNJUK RASA YANG DILAKUKAN DALAM KONDISI PANDEMI COVID-19 TIDAK BIJAK   POLRES BANDARA SOEKARNO-HATTA TETAPKAN 3 TERSANGKA DALAM KASUS KEPEMILIKAN SENJATA API   JUBIR PONPES HUSNUL KHOTIMAH DI KUNINGAN, JAWA BARAT, MENGATAKAN 388 ORANG TELAH SEMBUH DARI COVID-19   KEMLU TELAH MEMANGGIL DUBES PERANCIS UNTUK INDONESIA, OLIVIER CHAMBARD, SOAL PERNYATAAN PRESIDEN EMMANUEL MACRON   MENLU RETNO MARSUDI: INDONESIA KECAM PERNYATAAN PRESIDEN PERANCIS EMMANUEL MACRON YANG MENGHINA AGAMA ISLAM