Kompas TV nasional peristiwa

BPIP Pastikan Youtuber Muhammad Kece Bukan Duta Pancasila

Kompas.tv - 23 Agustus 2021, 06:02 WIB
bpip-pastikan-youtuber-muhammad-kece-bukan-duta-pancasila
Youtuber Muhammad Kece (Sumber: tangkapan gambar youtube/KOMPAS TV)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Youtuber Muhammad Kece yang menghina agama dalam videonya, dipastikan bukan Duta Pancasila. Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menegaskan gelar Duta Pancasila hanya diberikan negara untuk Purna Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka).

"Muhammad Kece sebagai Duta Pancasila BPIP adalah hoax," demikian keterangan tertulis dari BPIP, atas nama Plt Sekretaris Utama BPIP, Karjono, Minggu (22/8/2021).

Dalam penjelasannya, BPIP menyebutkan Muhammad Kece tidak pernah terlibat dalam program apapun yang diselenggarakan oleh BPIP. "

Program Duta Pancasila, dilaksanakan berdasarkan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila Kepada Generasi Muda Melalui Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, dan baru kami mulai tahun 2021 dan diperuntukkan untuk anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka)," kata BPIP.

Baca Juga: Konten Muhammad Kece Disebut Nistakan Agama dan Merusak Kerukunan

Sebelumnya di sosial media  ramai disebutkan bahwa Kece adalah Duta Pancasila. Apalagi, dalam tayangan videonya Kece selalu memakai peci dengan lambang burung Garuda Pancasila.

Kini Muhammad Kece sudah resmi dilaporkan ke Bareskrim Polri atas dugaan penistaan agama dalam konten ceramaahnya.


Hal itu dibenarkan oleh Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono saat dimintai konfirmasi, Minggu (22/8/2021).

"Iya benar, sudah ada laporan ke kepolisian" katanya kepada Kompas.tv.

Meski demikian, Argo belum mau memerinci laporan terhadap Youtuber Muhammad Kece tersebut. Menurutnya, keterangan lebih lanjut akan disampaikan Bareskrim Polri  Senin, 23 Agustus 2021.

Seperti diketahui, isi konten ceramah Youtuber Muhammad Kece menuai banyak kecaman karena dinilai menyesatkan dan menistakan agama.

Baca Juga: Wamenag: Video Muhammad Kece Merupakan Ujaran Kebencian

Kecaman tidak hanya datang dari masyarakat dan tokoh agama, bahkan hingga Kementerian Agama turut mengecam aksi tak pantas Youtuber Muhammad Kece.


Pada Sabtu (21/8/2021) kemarin, Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas menyebut video yang dibuat oleh YouTuber Muhammad Kece telah merendahkan agama dan dapat memicu perpecahan umat beragama.

"Di dalam video yang beredar akhir-akhir ini, saya melihat yang bersangkutan itu sudah melampaui batas-batas yang menurut saya itu akan sangat-sangat mengganggu kerukunan hidup antara umat beragama di negeri ini," kata Abbas kepada KOMPAS TV.

Bahkan, menurut Abbas, diksi-diksi yang digunakan Muhammad Kece disampaikan secara sadar.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x