Kompas TV nasional peristiwa

Detik-detik WNI Antre Masuk Pesawat TNI AU di Bandara Afghanistan

Kompas.tv - 22 Agustus 2021, 22:08 WIB
Penulis : Aryo bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebuah video proses evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari bandara Hamid Karzai, Kabul, Afghanistan, beredar di media sosial.

Video berdurasi 8 menit itu diunggah oleh TNI Angkatan Udara (AU) dalam akun Instagram @militer.udara, Sabtu (21/8/2021).

Baca Juga: Landas Pacu yang Gelap dan Bagasi Berlebih jadi Kendala yang Dihadapi Tim Evakuasi WNI di Kabul

Dalam video itu tampak 26 WNI, 5 WN Filipina, dan 3 WN Afghanistan sedang berbaris untuk antri masuk pesawat Boeing 737-400 TNI AU.

Pesawat Boeing 737-400 dengan callsign Kencana Zero Four itu digunakan untuk misi evakuasi WNI dari Afghanistan.

Baca Juga: Usai Evakuasi WNI di Afghanistan, Awak Pesawat Boeing Kencana Zero Four Mendapat Apresiasi

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, pesawat milik Skadron Udara 17 VIP/VVIP TNI AU itu berangkat dari bandara Kabul, Afghanistan, sekitar pukul 07:10 waktu setempat.

Pesawat kemudian singgah di Islamabad, Pakistan, untuk mengisi bahan bakar sebelum kembali ke Indonesia dengan rute Islamabad - Karachi - Colombo - Aceh - Jakarta.

Pesawat kemudian berhasil mendarat dengan selamat di lanud Halim Perdanakusuma, Sabtu (21/8/2021).

Baca Juga: Kehebatan Pasukan Elite TNI Evakuasi WNI di Afghanistan Bikin KASAU Bangga

Proses evakuasi WNI awalnya akan dilakukan menggunakan pesawat sipil, namun mempertimbangkan dinamika di lapangan, akhirnya evakuasi diputuskan menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara (AU) Boeing 737-400.

"Awalnya evakuasi direncanakan menggunakan pesawat sipil. Namun, kemudian di tengah jalan rencana tersebut harus kita sesuaikan karena kondisi lapangan yang berubah," kata Retno didampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Video Editor: Arief Rahman



Sumber : Instagram Militer Udara

BERITA LAINNYA



Close Ads x