Kompas TV nasional sosial

Kemensos Kerja Sama dengan LAPAN untuk Pastikan Penyaluran Bansos Tepat Sasaran

Kompas.tv - 22 Agustus 2021, 17:01 WIB
Penulis : Dea Davina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Guna mempermudah penyaluran bantuan sosial agar tepat sasaran, Menteri Sosial Tri Rismaharini berencana bekejra sama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional untuk melakukan pengecakan rumah penrima bansos.

Saat ini, LAPAN sedang menyiapkan data satelit resolusi sangat tinggi, untuk melacak penerima bansos. 

Metode kecerdasan artificial inteligence saat ini sedang diuji coba di Bandung, Makassar dan sejumlah kota lainnya. 

Nantinya data yang diperoleh akan diimplementasikan dalam sistem informasi geo-spasial.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan nantinya, hasil pengamatan LAPAN dengan citra satelit menggunakan teknologi artifical inteligence akan mempermudah pelacakan kondisi riil penerima bansos sehingga bisa lebih tepat sasaran dalam memberikan bantuan sosial.

Sebelumnya pada Juli lalu, Mensos Tri Rismaharini sempat emosi saat sidak bantuan sosial di di Kelurahan Sendangharjo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Risma marah saat mengetahui adanya dugaan kesalahan penyaluran bansos sembako dari program bantuan pangan non tunai yang dipotong penyalurannya satu bulan.

Mensos juga mengaku banyak pihak yang protes karena bantuan sosial program keluarga harapan juga dinikmati oleh keluarga kepala desa dan lurah. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.