Kompas TV nasional agama

PBNU Desak Polisi Usut Tuntas Youtuber Muhammad Kece, Pernyataannya Dinilai Ganggu Kerukunan Umat

Kompas.tv - 22 Agustus 2021, 10:11 WIB
pbnu-desak-polisi-usut-tuntas-youtuber-muhammad-kece-pernyataannya-dinilai-ganggu-kerukunan-umat
Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS TV - Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Helmy Faishal Zaini meminta aparat kepolisian segera menangkap Youtuber Muhammad Kece yang diduga melakukan penodaan terhadap suatu agama. 

"Mendesak kepada aparat keamanan, kepada kepolisian untuk mengusut tuntas penegakan hukum dan perundang-undangan secara adil atas kasus saudara Muhammad Kece ini," kata Helmy kepada Kompas TV, Minggu (22/8/2021). 

Ia menilai, konten dari yang bersangkutan telah memenuhi unsur ujaran kebencian. Sehingga penegak hukum sudah sewajarnya untuk menindaknya karena mengancam kerukunan umat beragama. 

Baca Juga: Terjadi Dugaan Penistaan Agama YouTuber Muhammad Kece

"Dalam pandangan kami, pernyataannya ini telah memenuhi unsur hate speech ataupun ujaran kebencian terhadap suatu agama, maka kami menyampaikan, kami mengecam keras pernyataan keras dari Muhammad Kece, karena ini dapat mengganggu kerukunan umat beragama yang telah dibangun selama ini yang luar biasa indahnya," ujarnya. 

Ia pun mengingatkan agar tak ada lagi oknum yang melakukan hal serupa. Sebab, dia berharap, antar umat beragama bisa saling menghormati dan menghargai kepada sesama.

"Marilah kita saling menghormati, menghargai kepada sesama bahwa kita bisa jadi berbeda agama, bisa saja berbeda paham, berbeda pikiran, berbeda pandangan, akan tetapi marilah perbedaan itu jangan kemudian menimbulkan permusuhan dan kebencian," katanya. 

Ia menyebut, seiring berkembangnya zaman, masyarakat Indonesia harus terus mengggaungkan semangat beragama yang moderat. 

"Marilah kita senantiasa menghidupkan spirit moderasi beragama bahwa kita adalah bangsa teladan yang saling menghormati antara satu dan lainnya, sekaligus marilah kita terus menjaga persatuan dan kesatuan kita," kata dia. 

Sebelumnya, Youtuber dengan nama channel MuhammadKece melakukan streaming dengan nada merendahkan dan melecehkan Nabi Muhammad serta agama Islam.

Baca Juga: Berpotensi Memancing Kemarahan Umat, MUI Minta Polisi Menindak Muhammad Kece

Dalam unggahan yang disertai permintaan bantuan pelayanan Muhamad Kece ke rekening pribadinya itu, dia kerap melakukan berbagai tuduhan tak mendasar mengenai agama lain dan apa yang disembahnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x