Kompas TV nasional berita utama

Landas Pacu yang Gelap dan Bagasi Berlebih jadi Kendala yang Dihadapi Tim Evakuasi WNI di Kabul

Kompas.tv - 21 Agustus 2021, 23:08 WIB
landas-pacu-yang-gelap-dan-bagasi-berlebih-jadi-kendala-yang-dihadapi-tim-evakuasi-wni-di-kabul
Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo (kanan) menemui para penerbang dan awak pesawat yang terlibat dalam operasi evakuasi WNI di Afghanistan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (21/8/2021). (Sumber: ANTARA/HO-Dinas Penerangan TNI AU)
Penulis : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Para pilot dan kru TNI Angkatan Udara (AU) menghadapi sejumlah tantangan saat mengevakuasi 26 warga negara Indonesia (WNI) dari Kabul, Afghanistan. Hal ini diungkap Mayor Mulyo Hadi, salah satu pilot TNI AU yang bertugas, Sabtu (21/8/2021).

Mengutip Antara, kerumunan manusia yang membengkak di bandara Kabul dan Islamabad jadi tantangan pertama. Ini, kata Hadi, menyulitkan kontrol dan navigasi pesawat berfungsi secara optimal di bandara Kabul.

“Kendala yang kami hadapi terutama update data dari runway Bandara Internasional Hamid Karzai serta kondisi area runway yang tidak bisa diprediksi,” katanya.

“Keramaian dengan cepat meningkat saat pesawat mendarat di Islamabad, sehingga membuat Menteri Luar Negeri RI mengambil keputusan untuk menunda penjemputan selama satu sampai beberapa hari,” kata Hadi seperti dikutip dari layanan informasi TNI AU.

Baca Juga: Indonesia Penuhi Permintaan Filipina Angkut Warganya dalam Misi Evakuasi dari Kabul Afghanistan

Awak pesawat akhirnya mendapatkan data lengkap terkait kondisi yang ada di bandara Kabul. Tim pun, kata Hadi, memutuskan untuk terbang ke ibu kota Afghanistan itu pada Jumat (20/8/2021). Keputusan itu diambil setelah pesawat mendapatkan izin pendaratan dari pihak berwenang di Kabul di hari yang sama.

Dari Islamabad, pesawat lepas landas pada pukul 4.33 pagi waktu setempat. Hadi mengimbuhkan, kru pesawat berharap, kondisi bandara Kabul akan sepi pada saat itu, hingga evakuasi akan berjalan kondusif.

“Selama evakuasi, (kami perhatikan) lokasi dikelilingi pegunungan dengan ketinggian landasan 5.877 kaki (sekitar 1.791 meter) di atas permukaan laut. Apalagi, fasilitas bantuan navigasi bandara, fasilitas malam hari, dan layanan lalu lintas udara tidak berfungsi secara maksimal, sehingga kru menghadapi tantangan berat saat pesawat mendekati (bandara) Hamid Karzai,” urainya.

Baca Juga: Ketegangan Evakuasi WNI di Afghanistan, Izin Pendaratan Sempat Ditarik Otoritas Kabul



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x