Kompas TV nasional peristiwa

Menlu Retno Marsudi Beberkan Rute Pesawat Misi Evakuasi WNI dari Afghanistan

Kompas.tv - 21 Agustus 2021, 18:56 WIB
Penulis : Aryo bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, membeberkan rute yang digunakan pesawat Boeing 737-400 TNI Angkatan Udara untuk misi evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari Afghanistan.

Informasi tersebut disampaikan Menlu Retno Marsudi dalam konferensi pers bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (21/8/2021).

Baca Juga: Evakuasi WNI Berhasil, Menlu Retno: You Did It Guys! Terima Kasih Banyak

Retno kemudian menceritakan awal persiapan dan keberangkatan tim misi evakuasi yang dilaksanakan pada hari Rabu (18/8/2021).

"Dapat saya sampaikan bahwa pesawat evakuasi TNI Angkatan Udara berangkat dari bandara Halim Perdanakusuma pada 18 Agustus pagi hari, sekitar pukul 06:00. Briefing terakhir dilakukan pukul 04:50 dan saya secara resmi melepas keberangkatan tim," ucap Retno.

Baca Juga: Usai Evakuasi WNI di Afghanistan, Awak Pesawat Boeing Kencana Zero Four Mendapat Apresiasi

Menlu Retno lalu menyebut rute yang ditempuh pesawat Boeing 737-400 dengan callsign "Kencana Four Zero" untuk sampai di Kabul, Afghanistan.

"Rute yang ditempuh pesawat adalah Jakarta - Aceh - Colombo - Karachi - Islamabad - Kabul. Dari awal keberangkatan, pesawat memang dirancang untuk bermalam di Islamabad," lanjutnya.

Video Editor: Mukhammad Rengga



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x