Kompas TV nasional update

Menlu Ungkap Kegiatan Operasional KBRI Kabul Dilakukan di Islamabad dalam Bentuk Tim Kecil

Kompas.tv - 21 Agustus 2021, 06:48 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan kegiatan operasional KBRI Kabul dilakukan dari Islamabad, Pakistan, dalam bentuk tim kecil mengingat dinamisasi yang terjadi di Afghanistan.

“Semula, kita merencanakan untuk tetap melakukan misi (diplomatik di) KBRI Kabul dengan tim kecil atau tim esensial yang terbatas. Namun demikian, di saat-saat terakhir proses evakuasi, terjadi perkembangan baru,” kata Retno Marsudi dalam konferensi pers penyambutan Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Afghanistan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (21/8/2021) dini hari.

Baca Juga: 5 WN Filipina dari Afghanistan Turut Dievakuasi Bersama WNI, Menlu: Ini Kewajiban Kemanusiaan

Sebelumnya, pasca pendudukan Taliban atas ibu kota Kabul sejak Minggu (15/8/2021), mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla sempat memastikan, Taliban menjamin tak akan mengusik KBRI Indonesia di Kabul, Afghanistan. Namun, perkembangan situasi di lapangan tampaknya kurang menjanjikan, dengan adanya laporan aksi kekerasan Taliban di sejumlah wilayah di Afghanistan.

Perkembangan situasi keamanan Afghanistan itu membuat Indonesia kemudian memutuskan untuk memindahkan operasional KBRI Kabul ke negara tetangga, Pakistan.

“Untuk sementara, operasi KBRI Kabul dilakukan dari Islamabad,” terang Retno.

Baca Juga: Jelaskan Proses Evakuasi 26 WNI dari Afghanistan, Menlu Retno: Tidak Mudah dan Perlu Koordinasi Kuat
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.