Kompas TV nasional update

5 WN Filipina dari Afghanistan Turut Dievakuasi Bersama WNI, Menlu: Ini Kewajiban Kemanusiaan

Kompas.tv - 21 Agustus 2021, 06:08 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyebutkan ada 26 WNI tersebut terdiri dari 16 staf KBRI Kabul dan 10 WNI non staf KBRI yang tiba di Indonesia. Sementara 7 warga negara non WNI yang turut dibantu pemerintah Indonesia untuk keluar dari negara tersebut, terdiri dari 5 warga negara Filipina dan 2 warga negara Afghanistan (Suami dari WNI dan staf lokal KBRI).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, kelima warga Filipina tersebut turut diangkut lantaran pemerintah Filipina meminta bantuan.

“Selain WNI, dalam misi evakuasi ini ikut juga lima warga negara Filipina yang memang pemerintahnya meminta bantuan untuk ikut diangkut dalam misi evakuasi Indonesia,” terang Retno dalam konferensi pers menyusul kedatangan tim evakuasi Indonesia di Bandara Halim Perdana Kusumah, Jakarta, Sabtu (21/8/2021).

Menurut Retno, bantuan evakuasi serupa itu bukan kali pertama dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Pada April 2015, mengutip Antara, Indonesia turut mengevakuasi sekitar 200 warga negara asing di Yaman saat negara itu dilanda konflik dan gangguan keamanan. 

Ratusan warga negara asing itu berasal dari India, Pakistan, Yaman, Burkina Faso, Inggris, Amerika Serikat, Malaysia, Thailand dan Afrika Selatan.

“Bantuan membawa warga negara asing dalam misi evakuasi bukan pertama dilakukan. Ini merupakan kewajiban kemanusiaan yang harus dilakukan,” tutur Retno.

Selain lima warga negara Filipina tersebut, tim evakuasi Indonesia pula mengangkut dua orang warga negara Afghanistan. 

Salah seorang warga Afghanistan itu merupakan suami dari warga negara Indonesia yang dievakuasi. 

Sementara, seorang warga Afghanistan lainnya adalah staf lokal perempuan yang bekerja di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kabul.

Sesuai protokol kesehatan yang diterapkan pasca kedatangan seseorang dari luar negeri, maka para WNI dan WNA yang baru tiba dari Kabul, Afghanistan itu pun harus menjalani karantina. Kelima WNA asal Filipina itu dilaporkan akan menjalani karantina di Hotel Swiss-Belhotel Airport, Jakarta.

Belum diketahui di mana para WNI dan kedua warga Afghanistan akan menjalani karantina mereka.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x