Kompas TV nasional update

WNI dari Afghanistan Tiba di Indonesia, Menlu: Evakuasi Dilakukan dengan Hati-hati

Kompas.tv - 21 Agustus 2021, 05:17 WIB
Penulis : Reny Mardika

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengungkapkan proses evakuasi 26 Warga Negara Indonesia (WNI) dari Afghanistan dirancang dan dipersiapkan dengan secara hati-hati dan low key.

Pernyataan ini disampaikan Retno dalam konferensi pers usai menyambut kedatangan 26 WNI dari Afghanistan, Sabtu (21/8/2021).

"Rencana evakuasi ini dirancang dan dipersiapkan dengan matang selama beberapa hari secara hati-hati dan low key," kata Retno. 

Lebih lanjut, dia menegaskan bahwa kehati-hatian dan sifat 'low key' ini diperlukan mengingat adanya dinamika lapangan yang sangat tinggi dan situasi yang 'sangat cair'.

"Semua kehati-hatian ini harus kita lakukan demi keselamatan WNI dan evacuee lainnya serta demi kelancaran misi evakuasi secara keseluruhan," tegas Retno. 

Dalam kesempatan itu, Retno bersyukur seluruh WNI yang dievakuasi dari Afghanistan dapat mendarat dengan selamat di Tanah Air. 

"Alhamdulillah pada dini hari ini, WNI dari Afghanistan telah berhasil kita evakuasi dan baru saja tiba dengan selamat di Jakarta," ucapnya. 

"Semua evacuee dan seluruh anggota tim evakuasi akan langsung menjalani protokol kesehatan sesuai aturan ketibaan dari luar negeri," imbuh Retno.

Retno menjelaskan, 26 WNI tersebut terdiri dari 16 staf KBRI Kabul dan 10 WNI non staf KBRI.

Sementara 7 warga negara non WNI yang turut dibantu pemerintah Indonesia untuk keluar dari negara tersebut, terdiri dari 5 warga negara Filipina dan 2 warga negara Afghanistan (Suami dari WNI dan staf lokal KBRI).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x