Kompas TV entertainment musik

Bertahan 48 Tahun, Ini Pesan God Bless untuk Musisi Indonesia

Kompas.tv - 21 Agustus 2021, 19:02 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Grup musik rock legendaris Indonesia, God Bless, tahun ini genap berusia 48 tahun.

Mengawali karier sejak 1973, God Bless telah merilis 8 album studio dan ratusan lagu populer yang dikenal bahkan hingga lintas generasi.

Sepanjang perjalanannya, God Bless kerap mengalami pergantian personel. Namun, bongkar pasang personel tidak menyurutkan langkah God Bless untuk menghasilkan karya di panggung musik Indonesia dan bertahan dengan musik rock.

Apa rahasia God Bless bisa bertahan di jalur music rock?

Bassist God Bless, Donny Fattah, menjelaskan meski sering berganti personel, hanya eranya yang berbeda, namun setiap formasi menunjukkan God Bless sebagai sebuah kesatuan dalam bermusik.

“Kebetulan kita berlima punya selera yang satu, yang sama, walaupun referensi musiknya berbeda-beda, tetapi kita punya selera yang sama, kemudian tercetus di dalam God Bless tadi,” jelas Donny dalam KompasTV Talk bersama Eet Sjahranie dan Roy Jeconiah, Selasa (17/8/2021).

Menjadi inspirasi bagi banyak musisi, God Bless juga berbagi tips untuk para pegiat musik di Indonesia agar tetap berkarya meski menghadapi kesulitan.

Diungkapkan Achmad Albar, menjadi musisi berangkat dari kecintaan terhadap musik, serta memiliki jiwa yang tahan banting melewati rintangan. Seperti God Bless, yang mencintai musik rock.

“Ya saya rasa harus cinta, artinya cinta dengan rock atau apa genrenya, masing-masing punya selera. Artinya kita nggak mikir mau jadi kaya, apa mau jadi tenar, kita berangkat dari nol, dan kita pertahankan terus, harus tahan banting di situ,” jelasnya.

Achmad Albar juga berharap agar para musisi pantang menyerah dan mempertahankan karya mereka meski berada di tengah pandemi seperti kondisi saat ini.

Baca Juga: Ada Dul Jaelani hingga Isyana Sarasvati, Berikut Line Up Artis di Konser God Bless

https://www.kompas.tv/article/198078/ada-dul-jaelani-hingga-isyana-sarasvati-berikut-line-up-artis-di-konser-god-bless

(*)

Video Editor: Arief Rahman



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x